Suka Duka Menjadi Seorang Marketing Funding

Hahhh… saya ingin berbagi sedikit tentang pengalaman saya.. heheh pengalaman pribadi yang sepertinya cukup seru untuk di bagi 😀

Funding Officer atau yang sering di sebut “si pencari nasabah” dalam bahasa kasarnya 😀

Banyak orang yang memandang sebelah mata pekerjaan ini, tentu saja, soalnya mereka belum merasakan sendiri bagaimana menjadi seorang funding. Lelah, letih, lesu, lunglai *wah* pokoknya sudah seperti kurang darah 😀 Kami jarang sekali berada di kantor, meskipun gedung kantor kami yang begitu megahnya berdiri tegak di pusat perkantoran, yang ada kami hanya bisa menikmati AC mobil yang kadang juga menggunakan mobil pribadi.

Dengan sabar kami menjelajahi kota, melaksanakan tugas kami dari pimpinan untuk mendatangi nasabah, tidak jarang juga kami mendapat *sesuatu* yang kurang nyaman dari nasabah. Jika ada kesalahan kantor yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan kami, ehh kami yang kena getahnya. yahh… intinya seperti itu lah cara kerja kami. Tapi masih saja ada orang yang seenak dengkulnya berusaha menjatuhkan, seolah-olah pekerjaan yang mereka lakukan adalah segala-galanya. Padahal tanpa kami tim pencari bakat ehh penghimpun dana, mereka tidak akan bisa merasakan mewahnya gedung kantor, bahkan bisa terancam punah.

Tapi dibalik semua itu, tentunya bersyukur bisa menjadi seorang funding diusia yang masih terbilang muda, disaat masih berstatus sebagai mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta. Paling tidak bisa menambah pengalaman dalam mengenal karakter orang lain.

Terkadang juga ada nasabah yang sangat baik sampai saya terharu.hahaha cukup lebay memang diriku. 😀 Tapi begitulah…  harus tetap kompak, harus tetap semangat. Buktikan pada mereka bahwa kita bisa dan kita sanggup 🙂

 

144 respons untuk ‘Suka Duka Menjadi Seorang Marketing Funding

  1. ilham wahyudi berkata:

    apa yang harus dilakukan oleh funding officer ketika ada nasabah yang mau menabung akan tetapi tidak bisa datang langsung ke bank, sedangkan uangnya harus di setor ke rekening pada hari itu juga, berikan solusinya dan pengamannya?

  2. andysher berkata:

    Benar sekali yg ditulis agan ini. Dulu sebelum jadi FO saya merasa tugas FO itu membosankan karena sebelumnya saya orang engineering. Tapi berhubung karena keadaan (pindah rumah) saya mendapatkan kerja sebagai FO. Dan ternyata sangat-sangat menarik dan penuh tantangan, bisa berhubungan dengan banyak orang, bisa mendapatkan berbagai macam pengalaman.

  3. Tiara Marawati berkata:

    Hallo kak, saya lagi galau nih butuh pencerahan atau masukan dari kakak2 yg sudah berpengalaman. saya mendapat info bahwa salah satu perbankan sedang membuka loker sebagai marketing funding dan marketing lending. Yg ingin saya tanyakan, lebih baik saya ambil marketing funding atau marketing lending? Terus alasannya apa?
    Terima kasih

    • Ferry berkata:

      kalau saya sendiri lebih prefer ke lending. lending itu banyak ilmunya, mulai dari ilmu accounting dan hal yg berbau perkreditan. kalau ingin berkarir, lending lebih tepat karena ilmu lending butuh waktu lama untuk mempeljari dan benar2 paham.
      lantas apakah funding jelek? tidak juga, funding itu cenderung butuh tenaga ekstra, dan biasa kalau sudah dekat dengan nasabah maka nasabah tsb akan lebih loyal. funding juga banyak ilmunya, seperti akan belajar tentang produk umu seperti deposito, tabungan, sampai dengan forex, saham, obligasi, dsb.

      saya sendiri pernah berada di posisi funding dan saat ini berada di posisi lending (walau skrg wajib jualan produk funding jg)

  4. DEDI berkata:

    pekerjaan sebagai fo adalah pekerjaan yang sangat hebat, jarang setiap orang bisa melkukannya, butuh mental bajah, muka tembok, dan intelejensi yang tinggih……bisa ketemu banyak orang, banyak mengenal karakter orang,,saya sudah dibagian fo sekitar 3thn, jadi sudah banyak suka dukanya jadi fo… jadi bagi rekan- rekan yang mendapatkan posisi fo maupun yang ingin menjadi fo harus berbangga…goodluck (KABAG FO BPR DIPON SEJAHTERA CIREBON)

  5. oke aryani berkata:

    waahhhh ternyata apa yang di ceritakan di sini sama persis dengan yang saya alami. sempet sih rasanya mengeluh dan berhenti sampai di sini tapi,,, kalo di fikir lagi,,seorang FO itu ibarat pekerjaan yang menantang dan menyenangkan, sya ingin sekali bisa berbagi pengalaman lebih lewat cerita-cerita yang pernah di alami oleh FO senior…
    supaya saya tau trik khusus menghadapi beberapa kesulitan saat di lapangan.
    terimakasih

  6. Reta berkata:

    Saya mau share sedikit pengalaman saya sbg FO dsalah satu perbankan negeri ya slh satu dn aset terbesar saat ini… Skr sdh 1 thn 3 bln saya menjadi FO tp suka dan duka ny sdh sprt saya 10 thn dbidang ini, mulai dr teman yg bermuka dua, berebut kelolaan, pimpinan yg selalu mau setiap target akuisisi harus terselesaikn dlm 1 hri yg mna utk akuisisi dinas2 atau perusahaan it tdk mudah dmn perlu keakraban dan mendapatkan kepercayaan mereka dl, harus panas2an pulang malam dan sabtu minggu pun ttp harus prospek nasabah untuk mempertahankan/menigkatkan dana, jd kurang bergaul dgn lingkungan krn wkt habis d kantor dan djalan, it duka ny jd FO kl senengny gaji lbh besar dr operasional, pnya kesempatan kenal dgn org2 penting krn kita pst berurusan dgn org2 yg pnya kantong dana 3 tronton, kl pencapain ny bagus bonusny jg kya durian runtuh, saya sempet berfikir utk kembali kbagian operasional tp jujur wlpun lbh banyak duka menjadi FO tp it pekerjaan paling d rindukan dan pekerjan yg kl istilahny “dbuang sayang” kdng pengen resign kl udh d remuk2 sm pimpinan dn org wilayah tp ntr g mo reaign krn ya it ad rasa g rela kl hrs nglepas kejaan ini.. Bagi rekan2 yg akn menjadi FO atau AO dcoba aj dl 2 kejaan it g gampang tp jujur kl sdh masuk sm it lubang buaya yakin bkln ketagihan, temen saya AO smpe hrus berantem saat hrs tagihan k nasabah yg nunggak kdng g sedikit tmen saya yg malah d ancem balik sma tuh nasabah nunggak… Tp apapun suka dan duka mereka para AO tmen2 saya ttp aj g prnh bsa resin krn ya it ketagihan

    • candra berkata:

      mas/mbak jdi fo di kota mana? bisa mnta nmr hp nya?. soalnya sya juga kerja di salah satu bank bumn dan skrg mau nyoba fo.
      tp msh takut target. tp klo gk nyoba status gini2 aja.
      ini nmr hp saya 081362175989 tlg hubungi ya mas nnti sya tlpn balek.
      thanks.

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..