Ngidam Saat Hamil, Normalkah?

ngidam saat hamilKehamilan merupakan salah satu momen paling indah bagi pasangan suami istri, terlebih bagi pengantin baru (ya seperti saya ini)😀 Jujur saja, saat ini saya sedang hamil 2 bulan dan sedang menikmati masa-masa ngidam yang luar biasa hebatnya. Saat menulis artikel ini pun saya sedang menikmati rasa mual dan sangat ingin menikmati bakso minggu dan salad di pizza hut🙂

Well, banyak ibu hamil, termasuk saya sering bertanya-tanya apakah ngidam ini normal dan wajar? Setelah browsing sana-sini dan bertanya pada dokter kandungan saya, akhirnya saya mendapatkan jawaban. Hal ini adalah normal ketika ibu hamil mengalami ngidam, baik itu ngidam makanan, minuman atau perasaan ingin muntah, bahkan emosi yang meluap-luap.

Saat hamil, kita akan berbagi nutrisi dengan janin kita. Semuanya kita bagi, bahkan hormon. Saat tubuh kita kekurangan zat tertentu, maka otak secara otomatis memerintahkan kita untuk menginginkan makanan yang dibutuhkan tubuh. Seperti saya misalnya yang saat ini mengidamkan salad buah, yang berarti tubuh saya sedang membutuhkan zat-zat yang terkandung dalam buah-buahan. Begitu pula dengan perasaan ingin muntah. Tubuh memproduksi banyak sekali hormon progesteron atau hormon kehamilan untuk calon baby kita. Hal ini sangat normal dan sangat baik bagi janin kita.

Sedangkan emosi yang meluap-luap saat hamil, juga adalah wajar. Hal ini karena pengaruh hormon. Tubuh menghasilkan banyak sekali hormon saat kita hamil, perubahan hormon ini lah yang membuat emosi kita meluap-luap bahkan lebih parah ketimbang emosi saat haid dulu😀

Yang menjadi masalah bagi beberapa ibu hamil adalah ketika hamil trisemster pertama yaitu 1-3 bulan kehamilan, asupan makanan sangat susah masuk karena perasaan mual ini. Saya juga mengalaminya, adapun yang saya lakukan adalah makan makanan yang bergizi dalam porsi kecil tapi sering. Saya tidak membiarkan perut saya kosong karena perut kosong adalah salah satu faktor datangnya perasaan mual. Selain itu saya juga menghindari tempat-tempat yang jorok, tidak terlalu banyak bergerak, dan ingat untuk selalu mandi pagi dan sore😀

Hal lain yang saya rasakan saat hamil adalah bibir saya pecah-pecah. Hal yang saya lakukan hanya menkonsumsi vitamin C tablet untuk meminimalkan keringnya bibir.

Well, saat hamil memang banyak sekali perubahan yang terjadi pada tubuh kita, terlebih jika hamil untuk yang pertama kalinya. Tapi nikmati saja ya temans, hanya sekali seumur hidup kok hamil pertama datang😉

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

