Kesulitan Menulis Blog? Baca ini dulu yaa

Blog merupakan salah satu media untuk menyampaikan pemikiran bebas kamu. Baik itu yang bersifat personal ataupun bersifat umum yang memang sengaja ditulis agar bermanfaat untuk orang lain ke depannya.

Saya pribadi menulis blog pertama untuk berbagi berbagai informasi kepada orang lain, sebagai tempat curhat, media untuk menyalurkan hobi menulis dan terakhir ya untuk mencari rejeki hehehe..

Awal membuat blog di tahun 2007 lalu, saya juga sebenarnya sempat bingung untuk menulis blog. Awalnya saya hanya menulis dan menulis tanpa mempunyai tema yang sesuai untuk blog saya waktu itu. Akhirnya karena belum tau etika dalam menulis blog, akhirnya jadilah saya copy paste tulisan orang lain.

Setelah beberapa waktu, saya mulai berpikir bahwa blog saya sangat berantakan dan sama sekali tidak memiliki arah dan hasilnya juga sama-sama tidak memiliki arah hehe soalnya kebanyakan hasil copy paste waktu itu. Tapi tenang, blog saya yang lalu itu sudah kuhapus untuk tetap menjaga etika penulisan. Soalnya biarpun menulisnya di blog, tulisan seseorang itu tetap saja memiliki hak paten dan kita tidak boleh semena-mena menjiplak tulisan mereka. Itu sama saja dengan mencuri dan sama sekali tidak baik!

Nah, lalu apa yang harus dilakukan agar kita merasa nyaman menulis blog dan blog kita itu juga terarah sehingga tidak perlu menjiplak hasil karya orang lain? Mudah saja..

Pertama sebelum mendaftar untuk membuat blog, tentukan dulu tema apa yang sebenarnya ingin kita tulis dan tentunya  kita sukai agar kita update terus. Buat semacam list hingga beberapa poin. Tulis hal-hal yang kamu sukai, lalu pilih kembali salah satu yang paling kamu sukai diantara hal-hal yang sudah kamu tulis.

Setelah mantap, maka daftarkan blognya lalu mulai menulis postingan pertama. Pada tahap menulis postingan pertama memang selalu saja ada rasa kebingungan. Baik itu bingung menentukan judulnya, bingung menulis tiap paragraf atau masalah-masalah lain yang seharusnya diacuhkan saja.

Saran saya, seperti yang sebelumnya saya jelaskan, akan sangat baik jika kita membuat blog yang sesuai dengan hobi kita agar saat menulis pun kita bisa tetap enjoy dan tidak merasa terbebani, karena asal tau saja ya… tulisan yang ditulis dengan “ogah-ogahaan” hasilnya pun akan sama dan orang yang membacanya pun saya yakin akan merasa sangat bingung dan meninggalkan blog kita. Sebaliknya jika kita menulis dengan sepenuh hati, maka pembaca juga akan sangat terbantu dan pasti menyukai tulisan kita. Rasanya mendapatkan ucapan terima kasih dari pembaca itu sangat luar biasa sekali loh😉

Buatlah tulisan yang mengalir sama seperti jika kamu berbicara dengan sahabatmu dan hindari mengikuti gaya penulisan orang lain karena meskipun topik blognya sudah sesuai hobi, kamu tetap akan kesulitan menulisnya soalnya memaksa untuk menjadi sesuatu yang sama sekali bukan diri kamu.

Sebagai informasi saja ya, blog-blog yang terkenal itu rata-rata menulis dengan menggunakan gaya bahasa mereka sendiri, contohnya saja ya nih Raditya Dika dan penulis-penulis lainnya. Akun pocong di twitter saja terkenal karena nge-tweet menggunakan gaya dia sendiri. Jadi sudah tau kan sekarang the power of menjadi diri sendiri🙂

Satu lagi hal yang menjadi nilai tambah untuk blog-blog yang menulis dengan gaya mereka sendiri tanpa hasil copy paste, google akan cepat memberikan ranking untuk mereka sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang mengejar dollar lewat blogging. Jika sebaliknya blog ditulis dengan menggunakan hasil orang lain atau copy paste, maka google akan menyimpan blog kita pada urutan paling bawah dan hal paling buruknya bisa sampai blog kita dihapus dari daftar pencarian. Sehingga jumlah pengunjung blog akan menjadi nol yang berasal dari search engine😦

Nah, saya rasa sekian cara menulis blog yang baik kali ini. Keep blogging dan say no to copy paste😀

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s