Saat Bayi Demam Sehabis Imunisasi

10296578_10202952999519887_8742803248902347593_nBeberapa waktu yang lalu, bayi saya diimunisasi di usianya yang ke dua bulan. Si suster yang mengimunisasinya sudah memperingatkan bahwa Qifaya akan demam setelah diimunisasi, oleh karena itu saya disarankan membeli obat penurun demam untuk bayi. Sepulang di rumah ternyata benar anak saya tiba-tiba mengalami demam dan si kecil Qifaya menangis sekeras-kerasnya tangisannya yang baru pertama kali saya dengar waktu itu. Nah dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana cara mengatasi demam anak sehabis imunisasi.

Pertama, mommies harus tenang yaa, no panic! karena saat mommies merasa panik maka si bayi pun akan merasakannya dan si bayi kecil akan merasa tambah sakit. Yakinkan diri bahwa semuanya akan baik-baik saja. Siapkan obat penurun demam, termomether dan kompres. Bisa menggunakan kompres instan bisa juga dengan handuk hangat.

Suhu normal bayi adalah 36,5 derajat celcius. Saat tubuh bayi anda sudah berada pada 37,5 derajat celcius maka anda sudah harus menempelkan kompres pada bagian dahi dan perut. Saat sudah mencapai 38 derajat celcius, berikan obat penurun demam, bisa tempra, sanmol atau apapun yang cocok untuk bayi anda.

Biasanya si bayi akan rewel saat demam, seperti bayi saya yang ingin terus menerus dipeluk. Jika mommies merasa lelah menggendong si kecil, mommies bisa menaruhnya pelan-pelan di tempat tidur saat si kecil sudah merasa sedikit tenang, lalu rapatkan bantal di kedua sisi bayi anda dengan cara memiringkan sedikit tubuhnya persis seperti posisi anda menggendongnya.

Berikan pakaian yang agak terbuka pada bayi anda agar tubuhnya tidak semakin panas, jika perlu bawa si kecil di ruangan ber Ac dengan suhu 27 derajat celcius.

Normalnya, demam karena imunisasi hanya berlangsung sehari semalam saja. Tapi tetap anda harus menjaga agar demamnya tidak lebih dari 38 derajat celcius untuk mencegah terjadinya step atau mata naik pada bayi anda.

review-produk-bye-bye-feverIni foto bayi saya pada malam hari, di tanggal yang sama saat imunisasi. Sudah senyum-senyum si Qifaya kecil artinya perasaannya sudah enakan. Bisa dibandingkan dengan foto pertamanya di atas, wajahnya menggambarkan perasaannya.

Selain mengukur dengan termometer, mommies juga bisa mengetahui kondisi si bayi apakah sudah baikan atau tidak dengan cara melihat ekspresinya. Bisa dibandingkan ekspresi wajah anak saya kan di gambar pertama dan gambar kedua. heheheheh

Sekian sharing dari saya kali ini. Semoga membantu ya mommies😉 semoga si kecil lekas sembuh…

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s