Suka Duka Menjadi Seorang Marketing Funding

Hahhh… saya ingin berbagi sedikit tentang pengalaman saya.. heheh pengalaman pribadi yang sepertinya cukup seru untuk di bagi :D

Funding Officer atau yang sering di sebut “si pencari nasabah” dalam bahasa kasarnya :D

Banyak orang yang memandang sebelah mata pekerjaan ini, tentu saja, soalnya mereka belum merasakan sendiri bagaimana menjadi seorang funding. Lelah, letih, lesu, lunglai *wah* pokoknya sudah seperti kurang darah :D Kami jarang sekali berada di kantor, meskipun gedung kantor kami yang begitu megahnya berdiri tegak di pusat perkantoran, yang ada kami hanya bisa menikmati AC mobil yang kadang juga menggunakan mobil pribadi.

Dengan sabar kami menjelajahi kota, melaksanakan tugas kami dari pimpinan untuk mendatangi nasabah, tidak jarang juga kami mendapat *sesuatu* yang kurang nyaman dari nasabah. Jika ada kesalahan kantor yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan kami, ehh kami yang kena getahnya. yahh… intinya seperti itu lah cara kerja kami. Tapi masih saja ada orang yang seenak dengkulnya berusaha menjatuhkan, seolah-olah pekerjaan yang mereka lakukan adalah segala-galanya. Padahal tanpa kami tim pencari bakat ehh penghimpun dana, mereka tidak akan bisa merasakan mewahnya gedung kantor, bahkan bisa terancam punah.

Tapi dibalik semua itu, tentunya bersyukur bisa menjadi seorang funding diusia yang masih terbilang muda, disaat masih berstatus sebagai mahasiswi di salah satu perguruan tinggi swasta. Paling tidak bisa menambah pengalaman dalam mengenal karakter orang lain.

Terkadang juga ada nasabah yang sangat baik sampai saya terharu.hahaha cukup lebay memang diriku. :D Tapi begitulah…  harus tetap kompak, harus tetap semangat. Buktikan pada mereka bahwa kita bisa dan kita sanggup :)

 

130 thoughts on “Suka Duka Menjadi Seorang Marketing Funding

  1. Maaf, saya ingin bertanya apabila dalam jangka waktu kontrak (misalkan 1 tahun) namun dalam evaluasi bulan ke-6 kita di cut oleh Bank ybs. Apakah kita tetap mendapatkan surat referensi(pengalaman) kerja dari Bank tsb? (Mohon infonya). TRIMS

  2. Nominal Gaji FO brapa ya? Aku mau interview jd FO slh satu bank swasta. Aku search diinternet fo itu kayak apa kerjanya. Kayaknya berat yah dilapangan.hehe itu kerja sendiri atau tim nanti diluar? Mohon dijawab ya. Trims

  3. kak fany mau tanya saya dapat tawaran dari bank swasta untuk jadi marketing lending dan perbulannya saya diberi target 3 M dan saat ini saya sedang bekerja di bank lain sebagai teller, untuk gaji yg ditawarkan di bank tersebut hanya beda 500 rb aja dari gaji saya saat ini …
    apakah saya harus menerima tawaran tersebut ???????????????

  4. tx blog nya jeng fany ^_^ jikamana ada rekan rekan yg msh unyu baik cewek cowok penampilan menarik D3,sudah pglmn kerja bagian Funding di bank manapun, mari coba melamar sms ke 0856 851 850 8 dgn Dono, utk penempatan kerja di bank area jakarta barat Cengkareng.

  5. Mba’, bagaimana meningkatkan kepercayadirian sebagai sales kredit mikro? Dan bagaimana cara menjawap pertanyaan bos bos besar saat target kita ga tercapai bahkan mungkin jeblok sama sekali ga dapet? T..T makasi, mba’

  6. saya sudah mencapai kesepakatan untuk menjadi funding officer tapi blum tanda tangan kontrak dan medical chek up sebaiknya dibatalkan atau gimana ya mbak? saya masih takut tidak mencapai target

    • SAYA JUGA PERNAH MENGALAMI JADI RELATIONSHIP OFFICER DI BANK BTPN NASIB SUKA DAN DUKA SUDAH DIRASAKAN BAGAIKAN PERMEN NANO NANO RASANYA MENYATU TIAP ISAPAN….HEHEHE

  7. mbak fany yg baik hati..sy mau nanya nih,bsk sy ada interview di mikro mandiri sbgai mks,,,biasanya apa aja ya yg dibahas dlm interview itu ? enak dan tidaknya apa mbak klo jadi mks..mksh mbak fany smoga sudi membalas nya

  8. Terkesan sulit dan penuh tekanan ya mbak fany, namun AO itu indah dan pekerjaan yang gak monoton..ane juga AO lending di salah satu bank swasta wuiihh targetnya luuaarrr biaassooo..capai target dipuji, gak capai target dikeramasin ama BM + orang2 wilayah..xixixixi

    kerja di bank itu gmn tujuan kita sih ya,,kalo mau kerja enak, jauh dr ancaman phk namun gaji standar ya bagian operasional, tapi kalo mau karir ngebut, gaji besar tp hidup gak tenang karena pressure tinggi dan ditanya terus Hot Prospect sama si boss ya pilih bagian bisnis..

    semua terserah anda..just share..

    • setau saya FO tidak diberikan tempat tinggal. untuk uang makan, silahkan bertanya langsung pada interviewerx nanti ya ;)

  9. sya ini seorang security di suatu Bank BUMN,tapi saya tamatan DIII Manajemen,sebelum nya saya melamar sebagai pegawai waktu saya melamar Rupa nya Bank tsb menerima pegawai yang lulusan s1,karena saya tamatan DIII Maka persyaratan saya untuk melamar sebagai pegawai tidak cukup.tiba adalah seorang pemborong yang menawarkan saya untuk menjadi scuriti,terus saya berpikir, saya kira karena Bank tsb cabang baru,pasti suatu saat mereka akan membuka lowongan kerja baik itu sebagai pegawai,maupun bagian credit,krena saya orang dalm so pati orang dalm dulu yang di pioritas kan,lalu dengan berpikir tsb saya ambil tawaran sebagai sceruti,dengan pertimbangan suatu saat saya bisah pindh kebagian lain,tapi setelh saya menjalanin nya selam 1 tahun 8 buln,teryata sulit untuk saya pindah ke bagian lain,jangan kan pindah buat saya ikut tes ke bank lain aja gk di ksih izin,nah skrang saya ada tawaran dari bank swasta sebagai funding dengan target per 3 bulan 1m.jika saya sampai target 1 m,saya di angkat sebagai pegawai tetap,yang igin saya tanyakan apa saya tetap sebagai scuriti,atw saya ambil tawan tsb,demi karir saya?

    • Menurut saya, lebih baik terima tawaran di bank swasta tsb.
      Maaf ya sblmx, di bank mana ya yg diterima hnya tamatan s1? Setau sy di bank mandiri terima mulai tamatan d3. Bri juga. Tp utk pendidikan d3 biasax yg dterima itu utk bagian front liner (cs atau teller)

  10. mbak saya bingung nih cz saya pnya 2 pilihan antara marketing alat kesehatan n staff administrasi.. yg marketing uda pasti cz tinggal teken kontrak tp kalo staff administrasi baru mo interview,,bgusnya yg mn ya mbak??? n peluang kedepannya tuh yg lebih bagus tuk mnjamin qta pa ya mbak diantara 2 ntu…mkasih mbak

  11. Mbak nama saya haykal
    Dan saya baru aja lolos seleksi kerja di bank d@n@m@n
    Untuk menjadi mrkting funding.Rencananya januari 2014, yg saya mauu tanya, sulit gak untuk mencari nasabah untuk bank tsb. Dan harus pakai kendaraan sendiri atauu udah di sediakan?

    • halo haykal, setau saya insentif funding danamon cukup lumayan ya. kalo soal kendaraan, umumnya bank tdk menyediakan fasilitas itu, tapi ada beberapa kantor cabang yg mmg menyediakan tergantung kebijakan kepala cabang masing2. tp umumx kendaraan hnya disiapkan utk menemui nasabah besar saja. kalo utk sulit/tidaknya tergantung haykal sendiri sih. kalo dicari, insya allah pasti dapat, tapi kalo tdk dicari yaa tdk mgkn dpt lah heheheh semangat yaa

      • Mbak fany mohon bntuannya. Masih bnyk yangg mw sya tnya
        . Klo boleh saya minta pin bebe atau kontak tlfon biar bsa nanya sama mbak. Lgsg jika boleh. Saya diantara 2 pilihan ini mbak. Antara panin dan danamon. Keduanya di terima. Saya mau minta pendapat mbak. Email saya haykalahmad999@gmail.com
        Tolong y mbak.

  12. Bagus treadnya..utk rekan2 yg mau jadi Funding Officer di Bank swasta daerah cibubur dan pondok gede boleh hub saya by email ke iw2408@gmail.com baik yg udh pengalaman ataupun fresh grad..di tunggu yaa..

  13. Mau tanya.. Apakah bisa leasing dan refinancing?
    Apakah bisa meminjam uang pada bank dengan jaminan barang yg di beli tersebut?
    Boleh kami nomor yang bisa di hubungi?
    Tks.

  14. marketing di perusahaan itu memang banyak banget pengalaman tapi tergantung perusahaannya juga, kalau sistemnya tidak terorganisir rasanya berat banget, yang ada kita hanya ditarget terus. tanpa memberikan solusi permasalahan apa yang kita hadapi?
    #ikut sharing ya temen2.

  15. wah, mantap sharenya bu fanny. ibu kayaknya sudah mantep sekali dalam bekerja di bidang FO :) thank you comment2nya yang sangat membangun dan mendukung.

  16. kalau background kita dari operasional bisa gak jadi marketing funding ? lalu harus gak kita membiasakan berpura pura ramah hingga menjadi kebiasaan ramah ?

  17. SAYA SANGAT SEPAKAT MBA…
    pas posisi saya seorang funding officer dperusahaan BUMN semoga tetap semangat yach,,,dan kerja kerasnya dtambah serta banyak2 brdoa…semoga pekerjaannya kita dberi kemudahan,,,aminn

  18. waahh pas banget ini tulisannya kak, kebetulan saya baru masuk jadi CRO di sbuah prusahaan finansial awalnya saya nyerah tapi mikir lagi kerjanya bisa buat bnyak relasi n bisa sambil kuliah :) mohon do’anya ya mba biar sukses, sukses juga buat mba fany :)

  19. Salam kenal
    Yup,saya setuju,dengan komentar mba.
    “̮ нę².. “̮ нę².. “̮ нę² ..【ツ】 …”̮ нę².. “̮ нę².. “̮ нę² ..【ツ】 …
    Seorang fundingers yg huebatzz..terlihat dari cara di mengolah gaya bahasa (skil negotiations).karna pendekatan intens terhadap nas.dimana nasabah puas.disitulah kebanggaan FO tercipta.sebab ada peribahasa dalam kamus Primbon yg isinya
    “The most beautiful thing is to make other people smile :) and especially beautiful again,to know that there is a God (Olloh SWT),behind it all.;)O:). آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَ رَ بَّلْ عَلَمِ
    ╠╣Aº°˚=D˚°º ╠╣Aº°˚:D˚°º ╠╣Aº°˚<=-P˚ tul gak.
    Dah dulu yah corat coret saya
    Salam kenal fundingers.

  20. wah kebetulan sya besok ada intrvw low FO..mohon pencerahannya, ‘utk tugas nya dalam mendapatkan sasaran. itu diarahkan atau door to door sendiri..thks ya

  21. artikel menarik dan agak membantu sy. mbak gimana cara yg baik utk mendekati calon “sasaran” kita? maksudnya agar mrka ga ilfeel sama kita dan paling ga mau mendengarkan penawaran kita dulu lah? saya baru mau mulai jd funding nih soalnya dan lumayan buta soal kerjaan ini,hehehe

    • pertama perhatikan penampilan dan hilangkan rasa takut soalnya org lain bisa mencium ketakutan kita hehehehe so enjoy your job..

      • kakak, seneng nih dapat infonya,
        skrg q lagi skripsi kak tp nantinya aku pengen tu jadi marketing bank, sambil kuliah S2, kira2 bisa gak ya kak, terus q gakada keahlian dibidang perbankan, nanti diajari gak oleh pihak banknya… tapi ada sedikit pengalaman sih sy sering ikut MLM ya itung2 pnya pengalaman yang berbau rekrut merekrut, lobi-melobi kak, tolong dijawab ya kak, makasih…

        • iyaa dekk… kalo masuk bank pasti lah dapat training, tapi semua kembali ke diri masing2 lagi… kalo kuliah S2, saya juga kuliah S2 dan kuliah S2 itu jauh sangat santai karena kuliah hanya 2x seminggu.
          MLM? wahh kurang lebih seperti itulah caranya hahahaha semngat yaaaa :)

        • Benar apa kata mba Fani.dan kalo boleh saya lengkapi smoga bisa lebih bermanfaat.buat para fundingers lain.:
          1.Penampilan,percaya diri.smart dalam menguasai product+dengan cross selling tentunya.
          2.Perhatikan skill negosiasi pada setiap ketemuan dgn nas.karna tiap tipikal nas lain lain”cermati”dan hayati.serta rasakan psikologis seseorang Nas.
          3.Dengarkan apa yg Nas perlukan/inginkan.
          4.Berikan solusinya secara lugas,smart,
          5.Baru deh closing.muantabzzz.
          6.Tanamkan Jangan pernah berharap muluk2 jika baru skali ketemuan dgn Nas lsng closing.. Apalagi nas itu tdk kita kenal sama skali.
          Jadi KESIMPULANNYA:harus Berdoa,ihtiyar,sabar,ikhlas,senyum,focus.
          PASTI ANDA BISAA.Its KEY FOR SUCCESS IN Fund-ing Zone.
          (Marketing bukan hanya ilmu dalam bidang Management Pemasaran saja tetapi
          Harus bisa mengetahui psikologis lawan (Nas) serta kuasai pula ilmu management kalbu kita pribadi sebab Marketing=Seni berdagang).
          Trima kasih.
          Salam all fundingers.

  22. Halo Mba Fany, terima kasih sharing artikelnya, bagus sekali. Kebetulan saya mahasiswa di salah satu PTS di Jakarta, jurusan marketing, sekarang semester 6. Ini sedang mencari tempat untuk internship atau bekerja sekalian (managament trainee). Saya tertarik untuk menjadi marketing funding di Bank, barusan saya daftar di Commonwealth Bank. Sebelumnya maaf Mba, mau curcol sedikit, saya kuliahnya “ngutang” alias student financing, jadi habis lulus saya mesti kerja keras buat bayar kuliah. Saya sudah siap buat kerja keras seperti yg mba sudah gambarkan di artikel, kebetulan saya juga pernah bekerja dulu selepas SMK, bahkan lebih keras sebagai teknisi IT dan tukang panjat tower.

    Jadi begini mba, saya mau sharing lebih dalam, tentang karir di marketing funding. Boleh saya minta informasi tentang Bank yang memiliki prospek bagus atau menerima fresh graduate?kemudian beberapa tips dan skill yang dibutuhkan dan perlu saya kembangkan?

    terima kasih mba :-)

    • good job mas.. sdh ada niat utk kerja keras artinya sdh membuka peluang. semua bank bagus sih..dimanapun kita kerja asal disertai dgn kerja keras dan doa, sy yakin hasilnya pasti bagus. kalau bank yg mudah utk fundingx menurt sy ya bank pemerintah, soalnya masyarakt masih lebih percaya dgn bank pemerintah. tapi tidak menutup kemungkinan, jika masyarakat ditawarkan fasilitas menarik serta pelayanan yg maksimal, mereka pasti akan menggunakan produk funding bank swasta. BCA contohnya yg jelas2 bank swasta tapi nasabahnya sdh byk. jadi tergantung kita sih. daerah t4 tinggal juga perludiperhatikan. kalau di daerahku, bank commonwealth, kurang diminati oleh masyarakat. tapi kalau utk kreditnya, bbrpa pengusaha masih lebih menyarankan di bank tsb ketimbang bank pemerintah. soalnya kalo kredit di bank pemerintah persyaratannya banyak kan ya. kebijakanx jg byk, jd mereka masih sangat hati2 dlm membrikan kredit apalagi utk pengusaha.

  23. hy mbk aku mau tanya seadainya nasabah yang kita cari tidak sesuai dengan target apa yang akan dilakukan oleh pihak bank, apa langsung di pecat atau jangan2 di suruh nombok?

    • biasanya dkasih kesempatan dulu beberapa bulan. biasanya 3-4 bulan. tergantung kebijakan masing2 bank ya… kalo masih belum bs memenuhi target ya biasanya disuruh keluar.. tapi tergantung lagi kebijakan kontrak dgn masing2 bank

  24. malam mba klo boleh minta refferal nasabah” nya dulu mba. ini saya jadi funding officer di cimb niaga mba,,,, targetnya 5m per bln. minta referal mba thanks

  25. mbak fany…thanks udah buka forum seperti inih. dan mw berbagi informasi..inih sangat membantu banget buat orang2 yang bekerja maupun yang akan bekerja di bagian fundling officer (seperti saya nih)heheheheheh…

  26. Menarik mbak.kebetulan sy lg ada tawaran buat Funding d bank swasta.sblmnya prnh jg sbg CS d bank bumn.tips nya mbak byr kecapai targetnya

  27. I like you Mb Fani…….. Membacanya membuat aq mempunyai senjata untuk interview sebagai marketing disebuah Bank swasta, doain ya aq bisa eksis seperti Mbak…….cemungud!

  28. apa sih tugas dang tanggung jawab dari seorang supervisor funding officer??? tolong jawab donk per item ya trims

    • tugasnya itu ya memasukkan dana pihak ketiga ke bank t4 dia bekerja, sxan memberikan arahan kepada bawahanx, rekomendasi nasabah potensial dll

    • tergantung sih, tapi apapun pekerjaannya asal dinikmati pasti kita juga akan merasa enak.. kalo funding officer itu tugasnya cari dana (tabungan, deposito, giro), kalo Account officer itu tugasnya salurkan dana, misalnya kasih kredit ke org

    • Carax harus percaya diri. Yg byk uangx itu rata2 pedagang2.. Misalx minimarket atau supermarket, atau studio foto. jgn lihat perusahaan. Kadang perusahaan lebih byk utangx. Di daerahku, ada sebuah studio foto yg transaksix per bulan itu 4 milyar rupiah. Pedagang gerobak sejenis kebab dll, mereka penghasilanx itu banyak loh.. Di daerahku ada yg sampai 60jt per bulan. Jgn hanya nembak perushaan saja. Yg pebisnis ukm itu danax kadang dluar dugaan loh ;) saya tau drmn ya? Hmmm ya tau lah, saya salah satu pelaku skrg :) kuncix tetap Semangat (ˆ⌣ˆ)ง “,.(งˆヮˆ) ,. Yak…

      • Jadi cuma setahun doang jadi marketingnya? Kenapa emang komisinya dibanding pendapatan usaha lebih kurang yah, mau gak beli waralaba capuccino cincau harga mulai 3,5 jt stok bahan dikirim dan dikasih video pelatihannya. Atau mau beli properti di jadebotabek secara orang daerah kalau ke jakarta inginnya ada tempat bernaung asal udah ada duit 30 jt sisanya kpr saya bantu bisa dikasih yang angsurannya tetap. Itu juga apa sebagai funding dulu sudah sempat sasar pelaku ukm seperti si empunya studio foto sampai dia mau jadi nasabah situ?

        • ya lebih enak usaha sendiri lahh mas… komisi marketing mmg lumayan, tapi lebih enak me marketingkan produk sendiri ketimbang produk org lain loh :)

    • enakx yaa banyak kenalan, kerjanya juga tidak monoton, banyak tantangan, banyak pengalaman.. yaa enakx byklah.. banyak ilmu juga yg bisa di dapatkan.. kalo gak enakx apa ya,, hmm kayakx enak semua deh heheh

    • kalo lending itu kredit, kalo funding itu dana pihak ketiga.
      jadi lending tugasnya menyalurkan dana, kalo funding tugasnya ya menghimpun dana :)

  29. Woww..nice blog:)..klo boleh tau mba fani FO di bank atau apa mba?kira2 klo lg skripsi susah ga yah sambil kerja sebagai FO?trims

    • di BPD daerah tinggalku :) wahh malah kalo sambil skripsi enak tuh.. kan udah gak wajib ngampus lagi kalo skripsi.. :)

  30. terus kata mbak tadi, kerjanya kadang ada orang yang saling menjatuhkan satu sama lain.. itu maksudnya apa ya?

    • ohh kalo yg itu, tergantung dari lingkungan kerjanya :) kalo dit4 ku dulu kayak gitu sih, emg lebih banyak yg suka gosip hehehe.. tapi semua itu ada baiknya juga sih, terapi mental boo.. hehehe dicoba aja dulu ya.. :)

  31. mba waktu kuliah kerja juga yah…??di marketing funding..??apa tidak berat mba…???waktu itu mba kuliah malam yah..??kalo boleh tau jam berapah…??trus dekat tidak tempat kuliah mba sama lokasi kerja..?

    • iya,, saya jadi marketing funding di oktober 2010 sampai agustus 2011, berhenti karena memilih jadi pengusaha :) hmm.. dlu aku kuliah reguler ajah sih tiap senin sampe sabtu, jamx gak ada yg malam, kan marketing kerjanya di luar kantor, jadi pas keluar sekalin mampir ke kampus 2 jam hehehe.. jaraknya sih lumayan jauh. tapi kan pake kendaraan pribadi, jadi lumayanlah, yg repot hanya ganti2 seragam ajah sih hehe

  32. mba saya mau tanya…saya sudah mengikuti program relations management di salah satu bank….dan itu adalah program funding….saya mau tanya….selama program tersebut apa saja yang di nilai…? dan saya telah menandatangani kontrak…apa itu hanya kontrak buat trainning…? soalnya kontraknya gak pake metrai…trus apabila qt tidak mencapai target atopun tidak lulus ujian apakah masih bisa di teruskan kontrak kerjanya…? terimah kasih..

    • seharusx tanya dlu itu tanda tangan buat kontrak apa, biar jelas :) kalo gak capai target sih biasanya dikasih waktu 3 bulan, kalo masih gak sampai biasanya langsung di cut. tapi gpp lah.. pasti mas bisa ya :) semangat..
      tapi kalo masih tes sih artix mgkn itu hanya tanda tangan sebagai “pelamar” ajah.. blm kontrak krja

  33. Mba saya pengen jadi Marketting Funding, cuma kendala saya belum punya kendaraan pribadi…. kira-kira sangat perlu gak punya kendaraan pribadi klo diterima jadi Marketting Funding??

    • kalo di tempat saya dulu, qta disediakan kendaraan dan kadang juga ada drivernya.. :) tapi klo ada t4 yg tidak menyediakan fasilitas utk fundingnya, (seharusnya sih perlu itu) gak punya kendaraan juga gpp kok,, yg jls semangatx harus ada ya ;)

      • ada drivernya ya mbak, tapi mekanisme kerjanya gimana?
        dirver itu nganterin kemana aja ya mbak??
        saya masih kurang ngerti … tolong mbak ceritakan mekanisme kerjanya sehari-hari ya….

        thx mbak :)

        • kadang dikasih driver, kadang juga gak.. heheh kalo ga ada driver ya artix bawa mobil sendiri :D
          tapi biasax sih kalo pake driver itu kalo qta dtg ke nasabah besar :)
          dulu sih mekanismex, qta liat dulu mobil fundingnya ada apa gak, tapi kalo mobilx gak ada, qta ke bagian umum utk minta mobil sekalian driverx kalo ada, tapi sering2 juga sih qta minta ga pake driver, biar bisa kaburr hehehe,soalx kalo pake driver, kerjaan selesai ya langsung balik ke kantor. tapi gak boleh ditiru ya :D
          tapi dulu kan aku kuliah, jadi kadang gak ikut di mobil funding, jadi ya aq pake kendaraan sendiri biar bisa ke kampus tanpa ketauan teman2 yg lain heheh..

  34. mau tanya….saya kan ngambil s2….dan sekarang mau kerja di bagian funding di salah satu bank…..apa cocok kerja di marketing sambil kuliah…ato lebih cocok kerja di back office,admin sambil kuliah….tolong pencerahannya….

  35. Hi..Mbak Fany..mau nanya nih mbak..
    biasa utk yg lagi masa training marketing funding tu targetnya da langsung tnggi?
    susah ga utk mengajak nasabah utk menabung gitu? thanks

    • kalo biasanya sih, di kasih mas percobaan dlu.. kalo di t4ku 3 bln masa percobaanx.. kalo pencapaianx ga naik2 ya langsung dicut heheh kalo susah, gak ada yg sulit mba kalo qta berusaha, sabar dan berdoa :) semangat ya

  36. mau tanya dong . . tips n trik jadi fo di bank pemerintahan misal bank yang khusus dalam pembiayaan rumah itu . . ? kalo soal gaji gmana jg y. . . mohon pencerahan bagi ana yg pemula

    • wahh bagus tuh kalo dibagian KPR.. kan byk tuh org2 yg lagi pengen punya rumah. bagusx dekati mereka yg kerja di perusahaan2, biasanya kalo karyawan yg masih muda kan pengen cari rumah buat persiapan nikah nanti :D disitu lah peluangnya :) gud luck ya

  37. bagus blognya..kbetulan bsk mo interview funding officer di slah satu bank..dl sih pernah jd marketing di salah satu perusahaan pembiayaan mobil..g jauh beda kali ya suka dukanya??

  38. wah saya malah bsok intrview PBO salah satu bank,,, menurut ibu susah ga mencari nasabah untuk funding bagi bank swasta?? saya pernah jadi sales officer untuk lending jg sie tp untuk bank bumn,,,

  39. […] Fyra seorang yang kukenal sejak duduk di bangku SD, kini kami berjuang bersama di sebuah bank sebagai marketing funding, seperti yang pernah kuceritakan sebelumnya. […]

  40. wah Kakak multitasking neh, salut sayanya :D.
    saya dulu pernah menjadi kuli pembuat genteng,pernah menjadi sales pulpen di pasar juga :D.yg paling rame tuh jadi sales pulpen, lokernya jadi staff admin eh kerjanya di pasar jual pulpen gitu.baru 1/2 hari saya langsung cabut hahaha.gile bener,capenya lebih parah dari kuli genteng.suer!

berikan komentar dengan menggunakan bahasa yang baik. setiap komentar butuh moderasi dari admin

