Hal Yang Terlarang Dilakukan Orang Tua di Depan Anak

Sebagai orang tua, tentunya kita menginginkan agar anak kita memiliki etika dan sifat yang baik. Saya pribadi contohnya, saya sering berdoa agar anak saya menjadi manusia yang lebih baik lagi daripada orang tuanya. Namun, sering tanpa disadari, kita sering melakukan hal-hal yang menjadi contoh buruk bagi anak kita. Seperti ungkapan, setiap anak terlahir bagaikan kertas putih dan orang tualah yang menentukan akan dituliskan apa di atas kertas itu. Berikut hal-hal terlarang dilakukan oleh orang tua di depan anak.

pertengkaran

Pertama, bertengkar di depan anak. Sudah pasti di setiap pernikahan akan ada sedikit pertengkaran, tapi coba lah untuk sedikit bersabar dalam menghadapi masalah. Bicarakan baik-baik saat anak sedang tidur. Anak yang selalu mendengar orang tuanya bertengkar, emosinya lebih cepat naik daripada anak lain. Disamping itu, anak juga bisa menjadi stress dan berakibat pada pertumbuhannya. Pertengkaran orang tua bisa saja berbekas di ingatan mereka. Sebagai contoh, anda pasti masih mengingat pertengkaran orang tua anda, bukan?

yelling_dailymailKedua, berteriak dan emosi berlebihan. Terkadang anak melalukan hal-hal yang membuat kita merasa stress dan marah. Kebanyakan orang tua akan memarahi anaknya, memaki bahkan sampai level memukul anak. Hindari hal ini, karena ingat ya anak bisa meniru anda. Suatu saat jika anda melakukan hal yang tidak dia sukai, dia bisa saja berteriak dan memukul anda. Itulah alasan mengapa anak kecil banyak yang dengan mudahnya memarahi dan memukul orang tuanya saat sedang marah. Solusinya, saat anak melakukan hal yang membuat anda stres dan marah, sejenak masuklah ke ruangan terpisah dengan anak anda. Tenangkan diri dan atur nafas, ingat bahwa anda sangat menyayangi anak anda. Setelah itu raih anak anda dan peluk dia lalu katakan hal yang tidak boleh dia lakukan dan alasannya.

Ketiga, Terlalu sering bermain gadget. Tantangan orang tua zaman sekarang memang jauh lebih berat daripada orang tua kita dulu.  Seiring perkembangan teknologi, kebanyakan orang susah lepas dari gadget. Hindari kebiasaan ini mulai sekarang, manfaatkan waktu bersama anak anda. Ingat, anak anda kecil hanya satu kali saja.

Nah, demikian hal terlarang yang tidak boleh dilakukan orang tua di depan anak. Cetak lah generasi beretika dan sayang kepada orang tua. Mulailah dari diri sendiri, kemudian anak akan mencontoh.

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s