Mempersiapkan Biaya Persalinan

budget-persalinanDetik-detik menjelang persalinan memang betul-betul menguras banyak hal, termasuk pikiran dalam mempersiapkan biaya persalinan. Biaya untuk persalinan bunda sendiri sebaiknya dipersiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya, untuk menghindari pembengkakan biaya yang tak terduga. Untuk itu, berikut beberapa tips yang akan saya berikan dalam mempersiapkan biaya persalinan.

Jika persalinan bunda akan ditanggung oleh perusahaan, maka ada baiknya jika bunda mengetahui terlebih dahulu jumlah biaya yang akan ditanggung oleh perusahaan, karena sejauh pengetahuan saya, perusahaan hanya akan menanggung jumlah tertentu sesuai dengan jabatan dan golongan. Setelah mengetahui jumlah yang akan ditanggung oleh perusahaan, ada baiknya bunda juga pergi ke rumah saki bersalin untuk mengecek tarif melahirkan dan kamar yang ingin diambil. Jika terdapat selisish, maka bunda harus mempersiapkan selisih tersebut.

Sementara jika biaya ditanggung pribadi seluruhnya, seperti saya contohnya hehehe, sangat saya sarankan untuk mempersiapkan biaya persalinan beberapa bulan sebelum kelahiran bayi tercinta anda. Tidak harus langsung dipersiapkan seluruhnya, namun bisa dicicil bulan demi bulan hingga biaya persalinan terkumpul.

Tapi bunda, hindari mempersiapkan biaya yang pas-pasan. Siapkan budget lebih untuk mencegah pembengkakan biaya. Misalnya nih ya, biaya persalinan di Rumah Sakit Bersalin Bunda Makassar, yang rencana akan saya tempati untuk bersalin nanti, untuk biaya normal berkisar antara 2 hingga 7 juta rupiah selama 3 hari tergantung kelas yang ingin diambil. Nah, disini bunda tidak boleh mempersiapkan dana pas-pasan misalnya 7jt rupiah. Bukan mendoakan, tapi bisa saja nanti bunda harus menjalani operasi caesar untuk kelahiran bayi, atau harus menjalani proses vakum atau bisa jadi dokter belum memperbolehkan bunda pulang ke rumah dalam jangka waktu 3 hari. Jika uang yang bunda bersiapkan hanya 7 juta atau pas-pasan, maka akan sangat merepotkan untuk mencari kekurangan biaya yang dibutuhkan, bukan?

Disini saya mengambil jalan tengahnya saja ya, jika memang bunda memiliki penghasilan lebih dan tabungan yang banyak, ya boleh lah bunda tidak begitu memperhitungkan budget yang harus dikeluarkan, tapi bagaimana dengan bunda yang penghasilannya pas-pasan?🙂 Tentu membutuhkan kecermatan tersendiri dalam menentukan budget persalinan.

Nah, sekian sharing dari saya hari ini. Semoga bermanfaat dan selamat hingga persalinan nanti😉

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s