Sebelum Menikah, Boleh kok Merawat Diri Sendiri di Rumah

Mungkin beberapa orang akan memilih untuk merawat diri sebelum acara pernikahannya di salon, namun tidak menutup kemungkinan ada juga orang yang lebih memilih untuk melakukannya di rumah sendiri. Selain lebih hemat, merawat diri sendiri di rumah ternyata bisa lebih mengefisienkan waktu. Kenapa? Soalnya tidak perlu antri dengan orang lain, berbeda dengan di salon yang sebelumnya harus reservasi dulu lah, belum lagi kalau harus menunggu giliran karena pelanggan salon tersebut banyak. Nah, untuk itu berikut beberapa tips perawatan di rumah bagi teman-teman sebelum acara pernikahan.

Bagian tubuh yang dirawat harus mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Soalnya kalau perawatannya setengah-setengah, maka hasilnya pun akan setengah-setengah. Ada baiknya memulai perawatan ini 2 bulan sebelum acara pernikahan, tapi jauh lebih baik lagi jika melakukannya sejak dini yaitu sejak belum ada rencana menikah sama sekali😀

Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi seseorang, bahkan jika mereka mengenakan jilbab, rambut tetap harus menjadi perhatian khusus. Soalnya rambut yang tidak terawat akan sangat mengganggu, apalagi bagi pengantin baru hehehehe. Teman-teman cukup menggunakan shampoo yang biasa teman-teman pakai, hentikan mengganti-ganti produk shampoo, soalnya tidak semua akan sukses membuat rambutmu jadi lebih baik dari sebelumnya. Jika kamu sudah cocok dengan produk shampoo tertentu, cukup gunakan paket perawatan yang semerk, misalnya gunakan conditioner, masker dan jika ada, gunakan juga vitamin rambutnya. Keramaslah paling tidak sekali dalam dua hari. Hindari menggunakan shampoo setiap hari kecuali jika aktivitas kamu berada lama di bawah paparan sinar matahari. Untuk kulit kepala yang berminyak, hindari menggunakan conditioner, soalnya ini akan memperparah kondisi kulit kepalamu.

Bagi teman-teman yang berketombe, sebelum keramas basahi rambut hingga kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih dua menit, lalu gunakan shampoo seperti biasanya. Saat membilasnya, usahakan bilas hingga shampoonya benar-benar hilang dari kepala, karena biasanya penyebab ketombe adalah kurang bersih saat membilas shampoo dari kepala.

Wajah

Wajah merupakan aset utama, karena saat menikah wajah kita yang akan pertama kali dicari oleh para tamu undangan. Untuk itu diperlukan perhatian khusus dalam perawatan wajah. Seperti halnya rambut, dalam merawat wajah hindari mengganti-ganti produk. Hal tersebut tidak akan mendatangkan sesuatu yang baik untuk wajahmu, yang ada malah memperparah kondisinya.

Cukup gunakan pembersih wajah yang seperti biasa digunakan dan hindari terlalu sering mencuci wajah menggunakan pembersih wajah. Maksimal penggunaan hanya 2x sehari.

Gunakan masker wajah sekali dalam seminggu, tapi ingat sebagian orang, seperti saya, tidak begitu cocok dengan masker wajah jadi hindari saja. Bagi kulit berjerawat, hindari menggunakan peeling wajah karena peeling hanya akan memperparah kondisi jerawatmu bahkan jika di wajahmu hanya ada satu jerawat! Percaya deh, saya sudah membuktikannya dan saya menyesal. Ingat, bukan produknya yang salah tetapi kamu yang tidak berhati-hati dalam menangani wajahmu.

Jika kamu memang memiliki riwayat berjerawat seperti saya, maka hindari menggunakan bedak. Gunakan saja cream pelembab yang cocok untuk kulitmu. Hindari facial bahkan jika salah satu salon menawarkan harga promo! Jika ingin berhias sehari-hari, hias saja mata dan bibirmu. Itu saja sudah cantik kok. Trust me

Untuk perawatan bibir, gunakan pelembab bibir yang tidak ada rasanya. Gunakan yang natural saja atau bisa menggunakan madu.

Untuk perawatan mata, teman-teman bisa mengompress mata dengan es batu agar kantung matanya berkurang atau bisa menggunakan produk-produk penghilang kantung mata.

Telinga

Merawat telinga? haruskah??? ya harus dong… cukup gunakan lilin terapi telinga atau bisa juga menggunakan jasa dokter THT, tapi berhubung temanya merawat sendiri di rumah, maka gunakan saja lilin terapi atau ear candle. Harganya cukup murah, sekitar Rp. 10rb – Rp. 12rb tergantung beli dimana. Daripada menggunakan jasa salon, harganya bisa mencapai Rp. 40rb. Jika melakukannya sendiri di rumah, kita bisa meminta bantuan saudara atau ibu.

Tubuh

Untuk merawat tubuh, biasanya kita menggunakan lulur dan lotion pelembut. Sebelum luluran, gunakanlah oil body agar kulit tidak lecet saat luluran. Saya pribadi menggunakan produk mustika ratu yang minyak cendana, terkadang juga menggunakan yang minyak zaitun😀 Tapi selain mustika ratu ada juga produk sari ayu, tergantung teman-teman mau pilih yang mana. Untuk harganya, tidak beda jauh… saya mendapatkan harga promo Rp. 17rb di Carrefour dari harga normal Rp. 22 rb.

Untuk lulur, saya memilih produk sinzhui, berhubung saya cocok dengan produk ini. Oh iya, hindari mencoba lulur sembarangan karena kulit bisa iritasi dan muncul bintik-bintik merah. Saya pernah mengalaminya.

Setelah luluran, gunakan lotion atau body butter. tergantung pilihan. Kalau saya sendiri menggunakan keduanya. Untuk lotion saya memilih produk nivea yang 50% vit C, lotion ini saya gunakan untuk sehari-hari (jika tidak sedang luluran) dan body butter saya menggunakan produk mustika ratu yang bahan dasar kopi (saya gunakan setelah luluran). Soalnya kopi terkenal dengan antioksidannya dan memperkencang kulit.

Kaki

Kaki juga sangat perlu dirawat, cukup dengan memotong kuku kaki secara teratur, soalnya kuku kaki yang kotor benar-benar bikin ilfil! Saat mandi gunakan juga sikat kaki yang soft. Bisa juga teman-teman menggunakan lotion kaki penghilang bakteri dan penghalus. Hindari menggunakan produk spray soalnya bisa membuat kaki kering. Cukup gunakan produk lotion.

Terlepas dari semua hal tersebut di atas, bagi teman-teman umat muslim ada baiknya jika melakukan puasa senin kamis. Hal tersebut sangat baik bahkan saat tidak sedang ingin menikah. heheheh maksud saya yang namanya puasa pasti sangat bermanfaat bagi diri sendiri. Selain mengeluarkan toksin dalam tubuh, puasa juga bisa membuat badan bugar dan sehat.

So… happy wedding yaaa….

Sekian.

31 thoughts on “Sebelum Menikah, Boleh kok Merawat Diri Sendiri di Rumah

  1. michi berkata:

    tips yang simple dan aplikatif, inspiring.
    apakah suami mba menyadari efek perawatan tubuh ini saat baru menikah? hehehe😛

    mampir ke blog saya ya mba, salam kenal ^^

    poisonous-sweets.blogspot.com

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s