Kapan Harus Memasang Anting Untuk Si Kecil

Memiliki anak perempuan memang lebih banyak neko-neko nya ketimbang anak laki-laki. Setidaknya anak lelaki tidak membutuhkan anting😀 Sementara perempuan, identik dengan kefeminimannya yang ditandai dengan anting (meskipun sejak kelas 3 SD saya sendiri tidak mau lagi pakai anting). Bagi ibu baru mungkin akan bertanya-tanya kapan sebenarnya waktu yang tepat memasang anting bagi buah hatinya. Dengan mempertimbangkan berbagai hal dari berbagai sudut pandang, berikut saya sharing pengalaman kapan saya memasang anting untuk Qifaya dan alasannya.

qifaya8daysAnak saya, Qifaya, dipasangi anting ketika berusia 8 hari. Tubuhnya masih lembek banget loh, kulitnya masih merah-merah dan kalo bergerak masih ala-ala orang tenggelam, soalnya dia kalo baring tangan dan kakinya digerak-gerakkan persis seperti orang yang lagi tenggelam😀

Waktu itu sehari setelah acara aqiqah, paginya saya ke toko emas di Jl. Somba Opu Makassar untuk membeli satu setel emas untuk Qifaya (yang akhirnya sampai sekarang hanya antingnya saja yang digunakan) dengan uang pemberian tamu aqiqahan dia😀 lumayan..lumayan.. alhamdulillah..

Waktu itu, saya membawanya sore hari di RSB Bunda tempat dia dilahirkan dulu. Beruntung petugas tindik telinga masih ada, harusnya datang pagi sih. Tapi karena ketidaktahuanku, akhirnya datang seenak-enaknya saja😀

Waktu Qifaya ditindik, terlebih dahulu badannya di bedong sama perawat itu, tujuannya supaya tidak bergerak meronta-ronta. Bisa dibayangkan jika dia ditindik diusia lebih tua, misalnya 3-4 bulan atau diatasnya, wahhh bakal susah ditindiknya, mak..Setelah dibedong, akhirnya satu per satu telinganya ditindik, bukan main pas dia ditindik, tangisannya itu lohhh bikin perih hati eke, mak… sakit bangettt… jadi pengen nangis jugaa, tapi yah demi kecantikanmu nak. tahan sedikit saja ya😀

Setelah ditindik dan telinganya berdarah-darah yang bikin saya nyaris pingsan, suster menyarankan membeli minyak tawon untuk selalu dioles di telinganya. Kata suster telinga bekas tindiknya jangan dikasih kena air dulu, biar gak bonyok dia. Oh iya, mak.. tahu minyak tawon gak? Itu lohh yang biasa dikasih untuk luka, biasa disebut minyak gosok. nih saya kasih fotonya deh.

minyak gosok

Gambarnya aku ambil di google aja, soalnya malas berdiri ke kotak obat buat ambil contohnya, dah pewe depan laptop😀 Oh iya, ni minyak gosok bisa di oles pake cotton bud ya di bekas tindikan si kecil.

Hmm.. kalo ditanya, kenapa Qifaya kupasangi anting di usia 8 hari, soalnya usia segitu bisa mencegah dia mengganggu bekas tindikannya, apalagi menarik-narik antingnya, soalnya bayangkan saja kalo antingnya ditarik-tarik sama dia, wah bisa gawat, makk…. Kan gak mungkin juga mata kita melek 24 jam ke telinga dia. So, itu alasan pertama.

Trus kalo ada yang tanya kenapa harus 8 hari? kenapa gak dibawahnya, 7 hari kah atau sekalian pas baru lahir. Hmm..boleh sih, tapi apa gak kasian tuh pas baru banget lahir, maknya juga masih capek banget apalagi saya cesar, trus mau jagain bekas tindikannya sampe kering betul hehehe.. capek toh, jadi ya thats the second reason.

Kalo ada yang nanya lagi, maksimal sampe usia berapa ya bagusnya telinganya ditindik, saya jawab ya terserah mak sih.. yang jelas mak bisa jaga anaknya, semampunya saja. Kalo memang mak bisa jagain dia pas ditindik usia 1 tahun, pastikan tangannya gak cekcokin tuh telinganya, ya terserah sih. Kembali ke diri mak masing-masing yaa…

So, You decide ya mak kapan harus tindik telinga si kecil. Diliat lagi sesuai kemampuan diri, apalagi kalo mak jaga anak sendiri. Apalagi kalo ada kakaknya, aku sih enak masih satu. lah kalo ada kakaknya yang turut menganggu bekas tindikan adeknya, wahhh bisa tambah runyam hahahaha.. Tapi tetap semangat ya makk… semua pasti ada jalan keluarnya.

Nah, sekian tulisan saya mengenai kapan harus memakaikan anting ke anak, semoga bermanfaat🙂

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s