Saat Bayi Terkena Diare

Mandonga-20141128-09540Saat ini usia baby Qifaya sudah 8 bulan. Tapi kasian sekali anakku, dia terkena diare. Kemarin saja dia pup sampai 6x. Sebelumnya di daddy memang terkena diare, entah tertular ke Qifaya atau bagaimana, saya juga kurang tahu. Yang jelas bayi kecilku terkena diare😦

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi pada mommies bagaiamana cara menangani bayi yang terkena diare. Berikut pertolongan pertama yang bisa dilakukan mommies di rumah.

Pertama, urut si kecil pada bagian telapak kaki menggunakan minyak telon. Lumuri telapak kaki hingga jari dan kuku kakinya dengan minyak telon lalu urut perlahan. Kalo si Qifaya bisa tertawa geli saat saya mengurut telapak kakinya. Setelah itu, naik ke bagian betisnya. Urut ke atas menggunakan minyak telon dengan perlahan secara bergantian kanan dan kiri.

Setelah itu usap perutnya dengan minyak telon dan untuk bayi besar, tengkurapkan badannya lalu urut bagian belakang bagi (tepat di belakang perutnya) dari bawah ke atas menggunakan minyak telon.

Lakukan cara tersebut di atas sesering mungkin.

Selain diurut, mommies bisa memetikkan 5 lembar daun jambu biji yang masih muda atau biasanya berada di pucuknya. Cuci bersih lalu siram dengan air hangat. Setelah itu tambahkan 1 sdm air minum dan remas-remas bersama daun tersebut hingga tercampur dengan airx, Setelah itu berikan pada bayi Anda.

Jika belum tertolong juga, bawa segera ke dokter atau bisa juga diberikan obat DaryaZink Zinc Sulfate dan harus diminum hingga habis disertai dengan obat L-Bio tapi obat ini bisa dihentikan saat diarenya sudah berhenti, dengan takaran masing-masing 2×1. Berikut foto kemasan obatnya :

Mandonga-20141130-09575

 Mandonga-20141130-09576

Selain itu, susu Qifaya pun diganti oleh dokter yang sebelumnya menkonsumsi susu Promil Gold, sekarang diganti dengan susu NL-33 dari Morinaga. Untuk harganya, cukup murah hanya 88Rb rupiah dengan isi 350gr.

Mandonga-20141130-09579

Susu ini dikonsumsi selama diare dan bisa dihentikan saat diare telah berhenti. Tapi oleh apotekernya saya disarankan setelah diare berhenti, susunya bisa dicampur dengan susu lamanya yaitu promil gold dengan takaran 50:50 untuk mencegah kembalinya diare.

Sekian sharing dari saya. Semoga membantu dan semoga si kecil lekas sembuh ya..

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s