Hari Bumi

Ketika seorang senator Amerika menyaksikan betapa kotor dan cemarnya bumi oleh ulah manusia, maka ia mengambil prakarsa bersama dengan lembaga-lembaga swadaya masyarakat untuk mencurahkan satu hari dalam upaya penyelamatan bumi dari berbagai kerusakan yang ada.

Sejarah Hari Bumi
Pada September 1969, dalam sebuah persidangan di Seattle, Washington, Senator A.S. Gaylord Nelson mengumumkan bahawa musim bunga 1970 akan diadakan demonstrasi dari akar umbi di seluruh negara bagi pembelaan terhadap alam sekitar. Senator Nelson pada mulanya mencadangkan bantahan alam sekitar di seluruh negara untuk menjadikan alam sekitar sebagai agenda negara. Katanya, “Ia satu pertaruhan, tetapi ia berjaya.” Pada 22 April 1970 dikatakan hampir 20 juta rakyat Amerika Syarikat memenuhi taman dan auditorium. Hari Bumi pertama menjadi pembuka jalan terbentuknya United States Environmental Protection Agency/US EPA.

Lima bulan sebelum Hari Bumi 22 April yang pertama, pada Ahad, 30 November 1969, The New York Times mengeluarkan rencana yang panjang oleh Gladwin Hill yang melaporkan peningkatan aktiviti mempertahankan alam sekitar. Perjuangan Gaylord Nelson bermula sekitar lebih dari 7 tahun sebelum Hari Bumi pertama diraikan.

Setiap tahun, Hari Bumi 22 April menandakan ulang tahun kelahiran bagi gerakan alam sekitar moden pada 1970. Pada tahun 1990, peringatan Hari Bumi mulai berkembang secara global. Sekitar 200 juta orang dari 141 negara di dunia tergerak untuk mengangkat isu Bumi dalam skala global.

Apa Bedanya Hari Bumi dan Hari Lingkungan?

Sebenarnya hari bumi dan hari lingkungan adalah kedua hal yang sama, hanya sejarahnya saja yang berbeda. Hari bumi diprakarsai oleh masyarakat sedangkan hari lingkungan terbentuk dari konferense PBB tentang lingkungan hidup pada tanggal 5 Juni 1972 di stockholm, sejak saat itu ditetapkan 5 Juni sebagai hari lingkungan sedunia.
Hari bumi pada dasarnya sama saja dengan hari lingkungan karena bumi merupakan bagian dari lingkungan hidup.

Oleh karena itu, kita harus menjaga bumi dan lingkungan kita meskipun bukan pada tanggal diperingatinya hari bumi dan lingkungan, karena bumi dan lingkungan juga menjadi tanggung jawab kita sebagai komponen dari bumi dan lingkungan itu sendiri.

Berbagai sumber

7 respons untuk ‘Hari Bumi

  1. sugeng hariono berkata:

    BUMI yang sejatinya adalah makhluk ALLAH yang selalu taat kepada ALLAH dalam menjalankan tugasnya,tidak akan tahan bila perilaku manusia melampui batas,bahasa bumi cuma satu kalau marah yaaaa bencana disana sini,yang bisa menahan adalah do’a hambanya yg ikhlas,dzikir,sholat,suara adzan senantiasa kumandang dalam perbedeaan waktu sholat di setiap wilayah,….artinya masih ada manusia yang tetap ingat pada Tuhannya SANG PENCIPTA YANG PERKASA LAGI BIJAKSANA

  2. ovie berkata:

    tetapi kita sulit untuk merubahnya,,,karena smua itu di lakukan oleh kerakusan manusia sendiri,,,mungkin allah telah murka pada manusia,,,

  3. ahsanfile berkata:

    Sebuah sarana semangat yang bagus…
    tapi kalo liat kondisi tempat tinggalku di jarkarta …
    no hope…

    • Fany berkata:

      masih ada harapan kawan, asal kita mau mengubahnya satu demi satu, seperti dulu kita mulai merusaknya satu per satu 🙂 tetap optimis !!!

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..