Daftar Harga Gedung Pernikahan di Makassar

Beberapa waktu yang lalu, kakak saya menikah dengan wanita pujaan hatinya (ciyeee). Mama yang begitu sibuk mempersiapkan segalanya, sampai sibuk keliling sana sini untuk mendapatkan gedung pernikahan yang bagus dan sesuai budget. Oh iya, karena keluarga kami sederhana, jadi disini saya hanya akan membahas pasaran gedung pernikahan untuk kalangan menengah ke bawah ya😀 Soalnya kalo budget banyak, bisa tuh langsung booking hotel saja😀

IMG_8816[1]Gedung Pertanahan. Gedung ini terletak di jalan AP Pettarani Makassar, orang-orang biasa menyebutnya berada di sebelah Universitas Negeri Makassar, tapi saya lihat letaknya masih agak jauh dari kampus UNM Gunung Sari😀 Gedung ini lumayan bagus untuk tamu yang tidak terlalu banyak. Menurutku cukuplah untuk menampung 1000 orang tamu yang datang bersamaan (asal tidak semua duduk). Fasilitas yang diberikan juga bagus, piring tidak terbatas, air minum kemasan (gelas), pelayan yang aktif, tempat saji makanan, ada juga tempat khusus tamu VIP. Selain itu tersedia juga 2 pondokan untuk makanan khas. Waktu itu mama saya menyajikan coto makassar dan es putar di 2 pondokan yang tersedia. Oh iya, resepsi pernikahan kakakku diadakan disini makanya saya hafal benar😀 Untuk budget juga lumayan murah untuk letak gedung yang berada di tengah kota. Cukup dengan merogoh kocek 6,5jt sudah bisa mengadakan resepsi disini. Nilai plus dari gedung ini adalah pelayannya yang begitu aktif membantu mengatur makanan dan mengangkat piring bekas makan tamu.

lappo aseGedung Lappo Ase. Gedung ini adalah gedung tempat dilaksanakannya akad nikah dan resepsi pernikahanku😀 Kemarin mama juga sempat mengunjungi gedung ini, soalnya gedung ini lumayan luas dan tentunya dekorasinya masih terbilang baru. Tapi nilai minus dari gedung ini adalah pelayannya yang sangat acuh terhadap acara yang berlangsung disana. Males banget, kemarin waktu pernikahanku pelayannya ogah-ogahan mengatur makanan dan mengangkat piring bekas makan tamu. Untuk harganya, saya lihat tahun ini harganya jadi turun jika dibandingkan dengan harga tahun 2013, dimana waktu itu resepsiku dilangsungkan. Dulu saya harus mengeluarkan uang 11,8jt sementara tahun ini harganya turun jadi 8jtan saja. Hmm.. mungkin karena sudah sepi peminat kali ya😀 Oh iya, gedung ini terletak di Jalan AP Pettarani, di dalam kantor BULOG.

Gedung Balai Mutiara. Gedung ini terletak di belakang kantor PU Makassar, saya lupa nama jalannya. Nilai minus dari gedung ini, ruangannya bersekat-sekat jadi kesannya gedung ini jadi tampak lebih kecil dari sebenarnya, belum lagi kalau kita mengadakan resepsi malam, daerah sekitarnya jadi agak gelap. Kemarin mama sudah sempat bayar booking fee ke pengelola gedung ini, tapi karena mama batal pakai gedung ini jadi booking fee nya yang 500rb hangus😀 Oh iya harga sewa gedung ini adalah 5jt rupiah.

balai kencanaGedung Balai Kencana. Gedung ini berada di ujung Jalan Ratulangi yang sudah hampir sampai di Jl. Kaka Tua. Gedung pernikahan ini cukup ramai peminat, mungkin karena lokasinya yang strategis. Gedungnya terbilang sangat kecil, jadi jika kamu yang akan menikah dan akan mengundang sedikit tamu, cocok sekali menggunakan gedung ini (biar keliatan ramai). Untuk budget sewa gedung ini, baru-baru ini temanku mengadakan akad dan resepsi pernikahan di gedung ini, dia membayar 24,5jt untuk sewa gedung plus catering makanan entah berapa porsi. Untuk harga gedungnya saja 7,5jt. Tapi untuk kamu yang bertamu banyak, tidak disarankan menyewa gedung ini karena ukurannya yang sangat kecil dan parkir yang tidak begitu luas, kecuali kalo parkirnya di bibir jalan.

Gedung Juang 45. Gedung ini berada di Jl. Sultan Alauddin, itu loh yang di depannya ada patung 3 orang pahlawan. Gedung ini lumayan besar dan berharga sewa murah, cukup dengan uang 5jt rupiah kamu sudah bisa mengadakan resepsi pernikahan disini. Tapi minusnya, gedungnya yang sudah agak usang dan akses jalan kesana yang harus lewat veteran, karena dia jalan satu arah.

Gedung 45. Gedung ini berada di depan kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI), gedung ini juga cukup murah dan sangat luas. Harga sewanya 5-6jt rupiah. Tapi minusnya, gedung ini sudah usang dan berada di antara kampus yang terkenal paling suka demo😀 So, jangan sampai pas kamu lagi resepsi malah ada yang demo. Bisa-bisa pengantin dan tamu undangan dilarang masuk gedung😀 Oh iya, seingat saya digedung ini juga kita harus dekorasi sendiri, jadi agak repot juga sih.

Gedung Kencana 45. Gedung ini bersebelahan dengan gedung 45, tapi gedung ini sedikit tersembunyi dan lebih kecil ukurannya. Meski demikian, harga sewanya lebih tinggi loh jika dibandingkan dengan gedung sebelahnya, sekitar 7-8jt, mungkin karena kondisi gedungnya yang lebih bagus kali ya.. Nilai minusnya kurang lebih sama lah dengan gedung 45 yang malasah anak-anak demo😀

Gedung Graha Nur Tasnim. Gedung ini terletak di Jln. Hertasning tepat berada di depan RS Grestelina. Saya juga dulu melangsungkan resepsi pernikahan disini. Untuk harga sewa gedungnya 15jt. Dekorasinya cukup bagus dan gedung juga bersih. Tapi nilai minusnya, macett polll… Bayangkan saja, di depan gedung ada rumah sakit besar dan ramai, gimana kalo depannya juga ada pengantin. Trus jalannya kan sempit. Dulu saja waktu saya mau ke gedung, kita telat karena macet. hehehe pengantinnya ini loh..graha nur tasnim

Gedung Balai Aeropala. Gedung ini berada di jalan Aeropala (Hertasning Baru) dekat-dekat Mie Titi cabang hertasning. Saya belum pernah masuk sih di gedung ini, tapi kata temanku yang abis tanya harga sewanya 12,5jt belum termasuk catering. Jika termasuk catering sekitar 25jt untuk 500 porsi.  Minusnya, gedung ini terletak di daerah ujung hertasning yang terkenal banyak begal boo.. hehehe tapi yah gak tau deh sekarang sudah ramai apa gak. Coba saja deh jalan-jalan liat😀

Nah, saya rasa cukup untuk harga gedung pernikahan di Makassar. Masih banyak sih gedung pernikahan di Makassar, tapi saya hanya ingat ini saja😀 Sapa tau ada yang bisa menambahkan (mungkin). Ya silahkan isi di kolom komentar😀

Sekian dan semoga membantu yaaa..

11 thoughts on “Daftar Harga Gedung Pernikahan di Makassar

      • Sunny berkata:

        Owh kirain mbak fanny tau sewa gedung training center UIN, soalnya sy lagi cari2 referensi tentang gedung pernikahan yg murah mba.. Krn in sha Allah bulan 9 sy mw menikah.. N baca2 blog mbak bagus n menarik untuk sy..

  1. indillah berkata:

    kakak sepupuku juga kemarin resepsi di gedung Graha Pena, yang seberang gedung 45. Bersih, termasuk murah sih, soalx kualitasx bagus, menurutku. harga paketnya 35 juta, udah full dekorasi, prasmanan 500pax, foto dan video, juga penyanyi dan pemain elektone. sahabat l\ku baru2 nikah skaligus resepsi disitu juga. gedungnya luas, trus pegawainya a\ramah. kira2 kayak semi2 gedung dan hotel gitu. klo pakaian adat, ada salon puri di jalan manggis. langganan keluargaku klo undangan di hasr\\rsyaputra di abdesr. semoga membantu

  2. Nini berkata:

    Alhamdulillah….Terima kasih banyak infonya sis, kebetulan saya lagi cari info harga sewa gedung yang tidak terlalu mahal…

  3. Nini berkata:

    Alhamdulillah…Terima kasih infonya sis, kebetulan saya juga lagi cari info harga gedung yg sewanya tdk terlalu mahal…

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s