Kapan Susu Si Kecil Harus Diganti

Susu terbaik tentunya adalah ASI. Tidak satupun susu di dunia ini yang bisa menyamai atau sekedar mendekati baiknya ASI. Namun, bagi anak yang rejekinya tidak berupa ASI, ceritanya lain lagi. Ibu-ibu pasti kebingungan mencari susu terbaik untuk si kecil. Sejak lahir, hingga mulai mengenal MPASI dan melewati 1 tahun pertamanya. 

Saya pribadi memberikan anak saya ASI baru pada usia 1 bulan anak saya, karena telatnya ASI saya keluar yang menyebabkan anak saya terlanjur suka dengan sufor dan praktis ASI saya hilang di usia ke 11 bulan anak saya. fiuhh sedihnya. But i know rejeki anak saya banyak sekali di luar sana meski kurang pada ASI.

Entah sudah berapa puluh kaleng atau mungkin sudah ratusan kaleng susu yang dikonsumsi anak saya sampai hari ini. Oh iya anakku minumnya susu s26 gold tahap 1 hingga 3, yang harganya alhamdulillah termahal di kelasnya. Meski begitu saya tidak pernah berpikir untuk membatasi konsumsi susunya.

Tapi belakangan saya mulai berpikir untuk mengganti susunya. Kenapa? bukan karena harganya yang memang terbilang mahal, tapi karena anak saya yang keenakan minum susu sampai tidak mau makan. Padahal ya rasa susunya benar-benar hambar! 

Akhirnya saya keliling mencari informasi tentang susu. Mulai dari SPG di supermarket, internet dan buku2 pedoman lainnya. Nah, ternyata, anak yang malas makan biasanya karena faktor susu hambar itu.. Sementara makanan kan rasanya bervariasi, jadi dia tidak terbiasa dengan rasa itu. 

Awalnya saya memberi susu frisian flag yang rasanya memang manis banget ihh.. kandungan gulanya saja mencapai 15gr. Akhirnya si kecil malah menolak. Hingga saya beralih ke curcuma dengan gula 3,25 gram dengan harga yang lebih murah ketimbang nutrisure s26 yang gulanya sekitar 4gram. 

Alhamdulillah sekarang si kecil sudah bisa makan dengan normal dan minum susu pun lebih enak..

Oh iya berikut foto kandungan susu curcuma saya fotokan

  
Jadi kapan susu si kecil harus diganti mom? Ya saat si kecil tidak mau makan karena keenakan dengan susunya. Asalkan susu gantinya tidak menimbulkan reaksi tubuh berlebih seperti pup berlebihan, encer atau terlalu keras.

Oke semoga membantu yaaa

4 thoughts on “Kapan Susu Si Kecil Harus Diganti

  1. ahsanfile berkata:

    Kalau boleh info sih katanya susu formula itu gizinya itu tambahan mba, bukan aslinya dari ASS, ketika proses darincair ke bubuk itu ada pada suhu 500an derajat dah gizinya habis.

    Aku juga mumet kalau selama ini minum susu formula, jadi ragu gizinya

    • Fany berkata:

      iya memang, tapi mau diapa lagi😀 katanya bagusan UHT soalnya cuma 1x proses pemanasan. Makanya aku campur susu formula dan UHT untuk anakku, tapi tetap ya susu kan cm sbg gizi tambahan. kalo gizinya cuma harap dari susu saja ya susah mas. anaknya wajib makan makanan pokok.

  2. mangcara berkata:

    anak sy juga dulu pertama kali pakai s26 tapi susah bab akhirnya ganti2 deh lupa udah berapa merk, dan umur 3 taun kurang udah berenti pakai dot itu juga gara2 sakit muntah2 tau abis minum apa & semenjak itu minum susunya pakai gelas tapi ga lama dia bosen🙂 jadi ga pakai susu formula lagi

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

