Baca Ini Sebelum Membuat Blog Dummy

Sebagian orang mungkin telah tau dan mengenal apa sebenarnya itu blog dummy, tapi sebagiannya lagi saya yakin bahkan mendengarnya saja belum pernah😀

Blog dummy adalah blog yang sengaja kita buat untuk mendukung blog utama kita agar backlinks mengalir masuk dengan lancar ke dalam blog utama kita. Lah gimana caranya ya? Mungkin ada diantara teman-teman yang bertanya hal demikian.

Caranya, kita menyisipkan link blog utama kita ke dalam postingan blog dummy yang kita buat agar blog utama kita mendapatkan backlinks. Tujuannya agar blog utama kita menjadi baik di mata search engine sehingga kata kunci yang kita targetkan untuk blog utama kita dapat muncul di halaman pertama search engine atau bahkan di posisi pertama. Karena syarat untuk suatu blog masuk ke halaman pertama pencarian itu adalah blog yang memiliki kualitas. Baik itu dari segi page rank atau pun dari segi backlinks. Sedangkan backlinks yang baik diperoleh dari banyaknya situs-situs sejenis yang mencantumkan link kita di blog mereka.

Jadi teman-teman sudah mengerti kan blog dummy itu apa?😀

Adapun jenis-jenis blog dummy ya salah satunya adalah dengan menggunakan wordpress.com seperti blog ini atau bisa juga menggunakan blogspot, yang jelas semua blog yang hanya berupa subdomain dari penyedia layanan adalah blog dummy.

Kenapa saya bilang seperti itu? Soalnya kebanyakan orang menggunakan domaian berbayar sebagai blog utamanya dan tidak menggunakan blog gratisan. Soalnya blog dengan domain berbayar jauh lebih terlihat profesional dibanding dengan blog gratisan. Coba saja bandingan http://www.catatanfany.wordpress.com dengan http://www.catatanfany.com🙂 lihat mana yang jauh keliatan lebih profesional?

Namun, untuk memilih blog dummy juga tidak boleh sembarangan jika teman-teman ingin mendapatkan backlinks yang berkualitas di mata search engine. Teman-teman bisa menggunakan blog gratisan yang ber-Page Rank tinggi agar blog teman-teman juga kebagian jatah traffic yang kemudian bisa berdampak positif juga ke blog utama.

Tapi terkadang beberapa orang, termasuk saya pribadi, menggunakan blog dummy sebagai blog utama. Tapi tentu saja cara seperti ini tidak berlaku bagi mereka yang ingin mengeruk dollar lewat internet. Soalnya beberapa platform tidak mengizinkan usernya untuk meninggalkan link affiliate atau yang berbau jualan. Tapi beberapa platform juga mengizinkan, contohnya blogspot. Tapi sekali lagi blog gratisan hanya cocok dijadikan tempat belajar menulis saja dan tidak disarankan dipakai untuk mengeruk dollar karena terlihat sangat tidak bersungguh-sungguh dalam mencari dollar.

Coba bayangkan, jika ada yang berjualan di blog gratisan dengan yang jualan di domain dot com yang berbayar, mana yang lebih teman-teman percaya?🙂 jadi kembali ke diri masing-masing.

Membuat blog dummy juga tidak boleh asal-asalan jika dibuat untuk mendukung blog utama kita. Usahakan topiknya hampir sama dengan blog utama kita agar backlinks yang diberikan itu berkualitas di mata search engine.

Hindari menulis artikel yang sama dengan artikel yang ada di blog utama kita dan hindari juga mengcopy paste dari blog orang lain. be creative, buat tulisan baru atau bisa juga menggunakan spin artikel.

Ingat, meskipun hanya blog dummy dan hanya pendukung blog utama kita, tapi kalau isinya hanya hasil copy paste tetap saja blog utama kita tidak akan mendapatkan backlinks yang berkualitas.

Jadi, teman-teman juga perlu tetap hati-hati dalam membuat blog dummy untuk keperluan internet marketing karena meskipun gratis tapi membuatnya juga butuh waktu dan energi serta pikiran. Kalau dibuatnya asal-asalan bisa saja kita tidak rugi materi melainkan rugi waktu, tenaga dan pikiran.

Tapi jika hanya untuk sekedar belajar menulis atau menyalurkan hobi, tidak ada salahnya teman-teman mencoba plaform blog gratisan mana saja sesuai dengan keinginan teman-teman

3 thoughts on “Baca Ini Sebelum Membuat Blog Dummy

  1. eko berkata:

    wiih, mantep mbak,,jd kesimpulannya ngurus blog dummy juga susah ya,
    kalo orientasix meminimalisasi resiko harus buat blog dummy, sapa th blog qt knapa2,,,kan masih ada blog dummy…tp kalo orientasinya mendapat pengunjung banyak mending tenaganya buat nulis di blog utama aj,,,,🙂

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s