Persiapan Pernikahan Adat Bugis Makassar Untuk Laki-Laki

Jika beberapa tahun yang lalu saya sudah sharing tentang pernikahan suku bugis makassar dari segi ceweknya, kali ini dalam rangka membantu mama mempersiapkan pernikahan kakak laki-laki saya, maka saya juga sekalian ingin sharing bagi calon manten laki-laki yang akan melakukan pernikahan khususnya di daerah Bugis Makassar.

Nah, pertama yang harus dilakukan adalah memastikan si cewek mau dilamar. Jangan sampai anda sudah repot-repot mempersiapkan semuanya, namun ternyata si cewek belum siap dilamar😀 Untuk itu tanyakan dengan pasti, siap atau belum.

Kedua, Jika si wanita sudah siap untuk dilamar, anda diwajibkan mampir ke rumah si wanita untuk bertemu dengan orang tuanya dan menyampaikan niat baik anda. Ingat juga untuk meminta agar orang tua menyebutkan apa yang diinginkan agar anda bisa meminang anaknya.

Ketiga, balik lagi ke orang tua anda sendiri untuk menyampaikan syarat dari orang tua calon anda. Sanggupkah orang tua anda untuk memnuhinya. Jika ada yang ingin dikoreksi, silahkan balik lagi ke orang tua si gadis. Jika sudah tidak ada ya lanjut ke tahap berikutnya.

Keempat, datanglah melamar bersama orang tua sesuai tanggal yang ditentukan oleh orang tua si gadis.

Sambil menunggu proses lamaran. anda bisa mempersiapkan sedikit demi sedikit hantaran atau erang-erang yang akan dibawa nanti pas akad nikah agar tidak ribet nantinya. Anda juga bisa mulai mencari gedung sebagai bahan referensi nanti.

bersambung…

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s