Bijak dengan Budget Pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momentum yang sakral dan begitu indah, namun masih sangat banyak diantara kita yang sebenarnya sudah mampu namun masih ragu-ragu untuk melaksanakannya dengan alasan keuangan. Beberapa orang berpikir bahwa pernikahan membutuhkan biaya yang sangat mahal hingga ratusan juta rupiah. Memang benar tetapi itu jika digabung dengan acara pernikahan lelaki dan perempuan. Seperti contohnya di suku bugis makassar, kami sering mengadakan pesta pernikahan dari kedua belah pihak, jadi pihak keluarga laki-laki mengadakan pesta dan begitu juga dengan pihak keluarga perempuan.

Nah, bagi teman-teman yang masih ragu dan bingung dengan budget pernikahan yang dibutuhkan, ini dia sedikit saya sharing mengenai biaya yang saya keluarkan untuk persiapan pernikahanku yang insya allah akan dilaksanakan pada tanggl 8 Juni 2013 di Makassar

Sewa gedung dan masjid baruga lappo ase : Rp. 8.600.000,- sudah termasuk charge tidak mengambil katering di gedung tersebut dan sudah termasuk masjid untuk melaksanakan akad nikah. Harga tersebut menggunakan konsep adat bugis makassar. Untuk dekorasi lainnya range antara Rp.7.900.000,- hingga Rp. 15jtan.

Biaya undangan : Rp. 2rb x 600 = Rp. 1.200.000,-

Jasa photographer dan videographer Rp. 10.000.000,- sudah termasuk foto prewedding, acara perempuan dan acara laki-laki serta album kolase dan album biasa. Dapat juga 2 bingkai.

Salon : Rp. 7.000.000,- sudah termasuk baju dua kali ganti, tenda, kursi, hiasan rumah, lamming, baju pengantar pengantin, hiasan kamar dan bonus make up untuk 4 orang di luar pengantin.

Bayaran tukang masak : Rp. 1.500.000,-

Pembelian daging sapi : Rp. 70.000 x 100kg = Rp. 7.000.000,- yang ini belinya langsung di peternak sapinya. Orangnya tinggal di daerah BTP Makassar.

Souvenir pernikahan : Rp. 720.000,- (potong kuku 600 pcs)

Sisanya biaya-biaya lain yang tidak begitu mempengaruhi. Kurang lebih untuk acara bisa menghabiskan Rp. 40jt-Rp. 50jt.  Jadi jika teman-teman memiliki budget Rp. 100jt itu bisa digunakan untuk 2 acara atau bisa membuat satu acara tapi sisanya bisa digunakan untuk bulan madu hehehehe😀

37 thoughts on “Bijak dengan Budget Pernikahan

    • Fany berkata:

      tergantung say sewa dimana. saya ada referensi salon yanti, salon yang barusan dipake sama kakakq menikah bulan lalu. adanya di jln todopulu 10. disitu tergolong murah tapi peralatannya baru dan cantik. 085342228030. kalo nelp blg saja ya dpt referensi dari anakx tante denny🙂

  1. Akmal Ali berkata:

    Aslm. Sungguh menarik sekali blog Mbak Fany.
    Saya mau tanya Mbak, waktu itu makanannya perencanaan berapa porsi? Atas perhatiaanya, saya ucapkan terima kasih.

    • Fany berkata:

      waktu itu saya kurang tau brp porsi. kalo catering sebaikx dikalikan 2 dgn jumlah undangan. karena rata2 kan 1 undangan datang 2 org. sip semoga membantu

  2. allen berkata:

    buat yg pingin cari gedung alternatip bisa ke gedung Rm.Ulujuku jln.Abd.Bassalamah atau eks .jl.recing centre

  3. dielah berkata:

    Ass, mba mau nanya klo sewa bju adatx yg cewe aja brapa yah? N tempatx dmna klo mau liat2 baju pengantix, tp cuman buat foto aja

    • Fany berkata:

      kalo 300 undangan sekiranya cukup akan tetapi trgantung lagi ingin mengadakan acara dimana🙂 kalao acarax di hotel tentu saja tidak akan mencukupi😀

  4. riia berkata:

    Mbak.. postinganx sngat membantu.. bolek nggak mnta cp jasa sewa kebaya modernnya? Trs kira2 budgetnya brp untk sewa baju nya? Trims

  5. Nia berkata:

    Postingannya mbak sangat menarik. Kebetulan saya juga brdomisili di mksr. Kalau mbak berkenan, saya minta tolong banget informasi utk tukang masaknya yang bisa dihubungi atau alamat apa yang memudahkan utk dapat tukang masak yang mbak sebutkan dipostingannya mbak yg di rappocini (mungkin bisa ditanya ke ibunya mbak, heheheheheee). Soalnya saya kerepotan mencari tukang masak untuk acara pernikahan nanti. Sudah banyak tanya keteman tapi hasilnya nihil, mungkin mbak bisa membantu. Syukron : )

  6. Eby berkata:

    Asslkm… Mksh ya mba’, postingannya sgt membantu. ^_^
    Sy tertarik dengan hasil make up mba’ dengan mnggunakan jasa salon Ria. Terlihat cantik ^_^.. Apa boleh mba’ info biaya salonx brp?? apa udah trmasuk semua fasilitas yang sprti mba’ sebutkan d postingan mba’ seperti baju, lamming, tenda, dll.??

    • Fany berkata:

      iyaa sudah include semua,tergantung pembicaraan awal sih. tahun lalu saya dikasih harga 7jt rupiah. itu karena saya berteman sm kenalan baik dia😀 harga normalnya tergantung apakah sedang musim pengantin apa tdk. dengar2 biasanya biaya bisa dkasih 10jt more or less. silahkan nego sndiri ya sm pemilik salonx😉

    • Eby berkata:

      Oh gtu ya mba’.. Hehe. Lumayanlah klo dpt potongan.. tapi mngkn sy cm bisa dpt potongan brpaan sj krn nd pux kenalan,😦

      Maf mba’ sy mau tanya lg. Apa mba’ tahu t4 penyewaan dekorasi gedung yang udah biasa mendekorasi gedung amanagappa?? soalx sy perlu dekorasi tambahan utk gedungx,, mngkin sj mba’ ada info mengenai itu🙂

      • Fany berkata:

        waduh kalo dekorasi gedung biasanya kan sudah dari include di gedungnya. tapi kalo mau tambahan biasanya bisa dari indo botting. kalo yg lainnya sy kurang tau hehehehe soalnya kmrn wktu di lappo ase sm gedung yg dpn grestelina itu saya tidak pakai dekorasi tambahan😀

    • Fany berkata:

      jasa fotografernya sya menggunakan jasa dian foto studio yg studionya adanya di belakang BRI arifrate. tapi sebenarnya banyak kok jasa yg lebih murah. silahkan memilih yaa😉

  7. pin berkata:

    tks tlh berbg penglmnx n sngt membantu, kl boleh tolong dibg no tlp tukang masak n penjual daging di btp krn kebtln t4 sy jgn di tamalanrea, skl lg tks semoga rejeki bertambah ya, amin

    • Fany berkata:

      waduh kalo no telp tukang masakx sudah gak tau kmn… ibuku yg urus soalnya😀 yg jelas orgnya tinggal di daerah rappocini. kalau penjual daging, boleh tanya disekitaran ruko pelangi btp, pasti dsna mereka tau. tapi mgkn hargax sdh tidak sama lagi seperti saya dulu soalnya saya kan nikahnya tahun lalu.

  8. Wulan berkata:

    infonya sangat membantu mbak😀
    sy juga keturunan Bugis dan domisili di makasar. dlam waktu dekat ini akan melangsungkan acara nikah. yg sy bingung sampe sekarang belum ada persiapan gaun pengantin. kira2 bagusnya beli atau sewa mbak? mungkin mbak juga bisa memberikan sedikit gambaran tentang biaya yg akan dikeluarkan khusus utk sewa gaun tsb dan merekomendasikan tempat sewanya😀

    makasih mbak, God blessing you

    • Fany Febriany berkata:

      wahh selamat yaaa ^_^ kalo menurut saya jauh lebih baik menyewanya saja. soalnya ongkos jahit baju pengantin itu bisa sampai 5 juta rupiah diluar harga kain. kalau menyewa yaa range hargax berbeda-beda tergantung t4 penyewaannya. kalau menyewa pakaian juga rata2 sudah sepaket dengan tenda, lamming, kursi dll. jadi menurut saya jauh lebih bijak jika menyewa pakaian saja. utk t4 penyewaan, banyaksih yyg bisa digunakan. ada baiknya kalau wulan mulai dari skarang mengunjungi beberapa salon utk membandingkan model pakaian dan budget. tapi kalau dana terbatas ada baiknya tidak mengunjungi salon yang sudah punya nama seperti mahkota. soalnya disana hargax sudah pasti sangat mahal. utk make up saya sarankan gunakan jasa salon ria yang ada di depan puskesmas ujung pandang baru. makeupnya sangat halus dan cantik. tahan dari pagi sampai malam hehehehe… kalau pakaian dsna mereka lebih ke pakaian adat. foto pakaiannya bisa dilihat di sini. utk pakaian modern saya menggunakan jasa salon yang ada di jalan cillalang jaya. saya lupa nama salonx apa. fotonya bisa dilihat disini
      semoga membantu yaaa🙂 and happy wedding

  9. reza berkata:

    salam kenal mbak. trima kasih mbak sudah buat tulisan mengenai bijak anggaran dlm persiapan nikah diatas. saya sangat terbantu dengan tulisan mbak, setidaknya ada bayangan dikepala mengenai budgeting yg harus disiapkan buat biaya nikah. minta maaf sebelumnya mbak, kalo berkenan, saya mau nanya mengenai biaya utk makanan di gedung ato acara resepsinya. kira2 range biaya’nya berapa mbak? menurut mbak, bagusan pake jasa catering apa masak sendiri? skali lagi terima kasih utk tulisan mbak yg sangat membantu saya. mohon maaf jika ada pertanyaan dari saya yg kurang berkenan. salam.

    • Fany Febriany berkata:

      salam kenal juga reza… kalau biaya utk makanan, kebetulan saya tidak menggunakan jasa catering, soalnya pengalaman dari teman2 saat catering makanan selalu tidak cukup apalagi karena jumlah tamu yg sulit diprediksikan akan dtg. jadi saya menggunakan jasa tukang masak yang utk jasanya dibayar 1,5jt rupiah utk masak buat acara mappacci dan resepsi. utk total biaya makanan yg dikeluarkan sbnrx juga tergantung. waktu itu ibu saya menggunakan daging sapi seharga 7jt rupiah dan 90 ekor ayam serta memesan bakso jadi dari jalan bete2. totalnya mgkn sekitar 15jtan. tetapi makananx bisa utk mappacci dan resepsi, dan itupun sudah banyak sekali dibagikan ke orang lain. menu makanan juga sudah berbagai jenis dan sudah termasuk kue kue kering dan basah. waktu itu ibu juga memesan es putar, per gerobak dibayar 400rb waktu itu di bulan juni 2013, penjualnya ada di dekat rumah ibu saya kebetulan di daerah hertasning baru.

      bayangkan saja jika harus catering khusus utk acara resepsi. anggaplah umumnya 25rb per porsi utk saat ini dan kita memesan utk 1000 porsi, nah yang keluarpun ongkosnya mencapai 25jt. belum lagi utk acara mappacci. hehehehe

      smg membantu yaa

  10. dewi berkata:

    Assalamu alaikum mbk Fany,
    Postingannya sangat bermanfaat dan menarik.
    Boleh minta contact person untuk Salon dan Gedung Lappo Ase?? mungkin masih disimpan. Untuk biaya gedung 8.6 juta itu apa sudah termasuk dekor??
    Trimakasih🙂

    • Fany Febriany berkata:

      wlkmslam… maaf yaa baru sempat balas. utk cp salon bisa di salon ria 081342440582 kalo utk cp gedung wahh maaf ya sdh tidak tersimpan lagi😀 dewi bisa lgsg ke gedungnya di bagian administrasi. iyaa semua sudah lengkap biaya dekor, tinggal masuk hehehe

  11. qkye berkata:

    mbak Fany, sy tertarik bgt sm postingan mbak, kebetulan sy juga domisili di mks n adat sy bugis makassar juga.. Insya Allah sy akan melangsungkan pernikahan bulan September nanti, jd banyak hal yg bs sy ambil pelajaran dr sini… jd kalo boleh tanya tanya dikit mengenai inpo tempat percetakan undangan, karikatur sm tempat jual daging yg murah itu dimana mbak ya?? thanks for sharing

    • Fany Febriany berkata:

      Terima kasih qkye atas komentarx.. utk undangan sy memilih percetakan sonda radja yg ada di jln rappocini raya. Utk katikaturnya sy pesan melalui akbar karikatur via bbm, berhubung si empunya tinggal di semarang, hargax lumayan murah hanya 35rb per wajah sdh dgn print outnya ukuran besar. Kalau daging ihu sy memesan di daerah btp, waktu itu hargax 70rb per kg, lebih murah 10rb dri harga pasaran.🙂

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s