Perlengkapan Bayi dan Bunda Saat Melahirkan

perlengkapan-bersalinMelahirkan bayi mungil Anda ke dunia merupakan salah satu moment yang ditunggu-tunggu. Bukan main ya bunda, selama 9 bulan lebih kita mengandung bayi kita, tentu saja kita sangat menantikan kehadirannya di dunia ini. Beberapa bunda yang telah berpengalaman melahirkan sebelumnya, tentunya sudah tau benar apa saja yang harus dipersiapkan untuk dibawa nanti ke Rumah Bersalin, baik itu untuk kebutuhan bunda sendiri maupun kebutuhan si buah hati. Namun tentu saja bagi calon bunda baru yang sama sekali belum memiliki pengalaman masih bertanya-tanya apa sih sebenarnya yang harus dibawa saat bersalin nanti. Nah berikut akan saya bahas dalam tulisan ini.

Pertama, bunda harus menyiapkan tas yang muat menampung barang-barang bunda dan bayi. Kalau saya pribadi memilih tas koper. Letakkan tas tersebut di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau agar jika bunda sudah merasakan tanda-tanda maka tas tersebut dapat langsung diangkut ke rumah sakit.

Sebaiknya tas tersebut telah dipersiapkan saat kehamilan bunda sudah berusia 36-37 minggu untuk mencegah kelahiran lebih awal dari tanggal yang diprediksikan dokter. Ingat ya bunda untuk menyampaikan informasi mengenai tas tersebut kepada orang terdekat bunda yang nanti akan terlibat mengantar bunda ke Rumah Bersalin, misalnya suami atau ibu.

Adapun isi dari tas yang bunda akan bawa nanti ke rumah sakit untuk kebutuhan bersalin adalah sebagai berikut:

– 1 lusin sarung (biasanya beberapa kasus ibu melahirkan mengeluarkan banyak sekali darah dan air yang menyebabkan kebutuhan sarung semakin banyak)

– baju kancing depan 3pcs

– 3 pcs gurita ibu

– pembalut pasca melahirkan ukuran maxi

– 3 pcs Bra menyusui

– 6 pcs celana dalam

– tissue basah

– tissue kering

– perlengkapan mandi (sabun, sikat gigi, shampo, pasta gigi)

– selimut bayi

– 1 lusin piyama bayi

– 1 lusin bedong bayi

– 1 pasang baju bayi untuk dipakai keluar dari RS

– 6 pcs kaos tangan dan kaki bayi

– 1 pcs topi bayi untuk pulang

– popok bayi

– bedak bayi untuk dipakaikan setelah menyusui bayi

Nah, itulah perlengkapan bayi dan bunda yang dibawa saat melahirkan di rumah sakit bersalin. Melihat standar menginap di rumah sakit biasanya 3-5 hari, maka bunda bisa menentukan sendiri berapa banyak jumlah yang harus dibawa dari daftar diatas. Sebelum membawa perlengkapan bayi, sebaiknya bunda cek dan ricek dulu rumah sakit yang akan ditempati bersalin nanti, apakah mereka menyediakan perlengkapan kebutuhan bayi atau tidak. Kalau di rumah sakit tempat saya akan melahirkan nanti, mereka tidak menyediakan kebutuhan bayi seperti pakaian, selimut, popok. Mereka hanya menyediakan jasa memandikan bayi saja dan susu serta dotnya.

Oke bunda, selamat menanti kelahiran buah hati dan jaga kesehatan ya bunda😉 semoga bunda dan bayi sehat dan selamat saat proses melahirkan nanti.

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s