Ibu Kita Kartini

Mumpung sekarang hari Kartini, tepatnya 21 April, saya pengen nulis tentang ibu kita Kartini😀

Raden Adjeng Kartini yang lahir 132 tahun yang lalu tepatnya tanggal 21 April 1879, lahir di Jepara, Jawa Tengah. Selama hidupnya yang berlangsung selama hanya 25 tahun saja, beliau mengisinya dengan memperjuangkan hak-hak rakyat Indonesia utamanya perempuan. Yahh.. sebagai seorang perempuan saya sangat bersyukur Ibu Kartini telah diciptakan oleh Yang Maha Kuasa.

Selama hidupnya, RA Kartini rajin menuliskan surat kepada kawannya yang berada di Belanda, lantaran beliau pandai berbahasa Belanda. Surat-surat tersebut berisikan tentang pandangan-pandangan beliau terhadap hak wanita. Oleh Suaminya, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, beliau diizinkan mendirikan sekolah wanita untuk memperjuangkan emansipasi perempuan.

Setelah beliau meninggal dunia, surat-surat yang dikirimkan oleh kawan-kawan beliau yang berada di Eropa dibukukan dan sekrang kita mengenal buku itu dengan judul “Habis Gelap, Terbitlah Terang”. Warga belanda yang membaca surat tersebut mulai mengubah pandangan mereka terhadap wanita jawa saat itu. Pemikiran-pemikiran beliau sangat menarik dan mempu menjadi inspirasi bagi pejuang-pejuang kita saat itu.

Teman, itulah sedikit cerita tentang beliau yang mampu menjadi inspirasi dan membuka pemahaman baru tentang perempuan di tanah air kita.

Akan tetapu, emansipasi yang telah diperjuangkan oleh RA Kartini bukanlah kebebasan yang tidak berlandaskan dengan tanggung jawab atau kebebasan yang membebaskan para wanita untuk sebebas-bebasnya. Akan tetapi kebebasan untuk meraih cita-cita bahwa perempuan juga bisa untuk menjadi seorang yang terpelajar, seorang yang mampu bertanggung jawab dan berani untuk bertindak yang benar jika memang itu benar.

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah sudah bisa menjadi inspirasi bagi orang lain? Paling tidak bagi lingkungan sekitar, teman-teman atau keluarga..

Bagaimana teman? jika tak mampu menjadi inspirasi, biarlah.. paling tidak kita bisa melanjutkan perjuangan emansipasi perempuan dengan kebebasan yang memiliki tanggung jawab.🙂

Semoga bermanfaat🙂

sumber gambar: google.com

One thought on “Ibu Kita Kartini

Berikan Komentarmu ^_^ Hindari iklan terselubung yaa..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s