Membuat proposal hingga skripsi merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan gelar “sarjana”, seperti yang saat ini sedang saya jalani :) Dalam penyusunannya pun membutuhkan banyak sekali warna dan warni, bahkan lebih banyak dari warna pelangi :D ada suka dan ada juga dukanya.

Sejak pertama dimulai dari seminar judul untuk pemilihan judul yang tepat saja sudah deg-degannya minta ampun. Tapi syukurlah semuanya berjalan lancar hingga keluar lah judul “Kontribusi pendapatan kredit UKM terhadapt pendapatan operasional”, selesai membuat proposal, saya langsung menghadap ke pembimbing, tapi tidak langsung di acc, bahkan untuk di baca pun tidak. ya ampun, hancur perasaanku saat itu juga. karena saya hanya disuruh untuk menjelaskan isi proposal yang sudah kuisi.

Hampir sebulan, hingga akhirnya judulku diubah jadi “Kontribusi penyaluran Kredit UKM terhadap profitabilitas” dengan alasan judul sebelumnya hanya akan menghasilkan pembahasan yang sangat sedikit. Akhirnya mengubah judul dan setelah tujuh kali menghadap pembimbing bahkan sempat dimarahi sampai nangis-nangis, akhirnya di acc juga dalam waktu sebulan. Alhamdulillah…

Setelah seminar proposal…

Perjuangan belum selesai, pas kembali ke tempat penelitian sebelumnya, ternyata disana memiliki aturan baru bahwa mereka tidak menerima lagi orang yang ingin melakukan penelitian,hasilnya saya harus berjuang lagi mendapatkan tempat penelitian baru. tiga minggu berlalu dan akhirnya sudah ada di salah satu bank yang dulunya ada 4 tapi sekarang di merger jadi satu.

Alhamdulillah… meskipun sampai sekarang belum pernah kembali menghadap sama pembimbing, tapi skripsiku sudah selesai pengumpulan datanya, sedikit lagi menuju gelar sarjana ekonomi :D

Semangat.